Presiden Joko Widodo Minta Semua Kota Pikirkan Kemajuan Transportasi Massal

BANTEN (Lenteratoday) – Penggunaan dan kemajuan transportasi massal harus sudah dipikrikan semua kota di Indonesia untuk mencegah dan mengurangi kemacetan. Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat meresmikan Terminal Pakupatan Tipe A, di Serang, Banten, Senin (8/1/2024).

“Di semua kota mestinya juga harus mulai berpikir ke arah sana. Menggunakan transportasi massal, transportasi umum,” kata Presiden.

Dia mengatakan saat ini hampir semua kota, utamanya di Pulau Jawa mengalami kemacetan. “Ada yang macetnya sudah parah, ada yang macetnya sedang-sedang, ada juga yang baru mulai macet. Kenapa? Karena orang hampir semuanya begitu memiliki kekuatan finansial langsung yang dibeli mobil, sepeda motor,” kata Presiden.

Dia menandaskan bahwa penggunaan kendaraan pribadi oleh masyarakat mengakibatkan ditinggalkannya transportasi umum atau massal. “Oleh karena itu seperti di Jakarta terus kita dorong, kita kenalkan yang namanya MRT, yang bawah tanah Subway, ada LRT yang baru selesai, ada juga kereta cepat, ada KRL, ada Transjakarta. Semua itu untuk mendorong masyarakat agar menggunakan transportasi umum dan meninggalkan transportasi pribadi,” ujar Presiden.

Baca Juga :  Njomplang! Jokowi Sebut Kebutuhan Pupuk RI 13,5 Juta Ton, Terpenuhi 3,5 Juta Ton

Presiden menyatakan senang karena Terminal Pakupatan ramai. Berdasarkan laporan ada 400 bus yang keluar masuk terminal itu setiap hari. “Ini sangat bagus. Dan kalau nantinya dengan terminal yang sangat indah dan sangat modern ini jumlah busnya tambah, jumlah penumpangnya tambah, menunjukkan bahwa pergerakan orang untuk menggunakan transportasi umum, transportasi massal itu akan semakin banyak. Itu yang kita harapkan,” kata Presiden.

Lebih lanjut presiden mengatakan bahwa Terminal Pakupatan yang indah menanggalkan citra bahwa terminal tidak aman dan tempat premanisme. “Harus dibalik bahwa terminal itu tempat yang nyaman, pelayanannya baik, dan juga mendorong usaha-usaha kecil, usaha menengah untuk juga bisa memperdagangkan produk-produknya di terminal yang kita miliki,” kata Jokowi.

Dia menghargai Kementerian Perhubungan yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kota sehingga Terminal Pakupatan bisa dibangun. (*)

Sumber : Antara | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini