Selamat! Macron Resmi Dilantik Jadi Presiden Prancis untuk Periode Kedua

PARIS (Lenteratoday)-Emmanuel Macron terpilih sebagai Presiden Prancis untuk periode kedua. Hari ini, Sabtu (7/5/2022) waktu setempat, Macron dilantik untuk masa jabatan 5 tahun kedua.Meski demikian, periode kedua Macron akan menemui sejumlah tantangan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dikutip dari AFP, pelantikan Macron digelar di Istana Elysee. Macron dikonfirmasi sebagai pemenang pilpres oleh Kepala Dewan Konstitusi Laurent Fabius. Macron kemudian menandatangani dokumen pelantikan resmi.

Periode kedua Macron tidak akan segera dimulai. Masa jabatannya untuk 5 tahun ke depan baru resmi dimulai setelah masa jabatan periode pertamanya berakhir pada 13 Mei tengah malam.Sebagaimana diketahui, Macron memperoleh suara terbanyak dalam Pilpres Prancis beberapa waktu lalu. Macron mengalahkan saingannya, Le Pen, politisi sayap kanan.

Baca Juga :  Mulai Akhir Februari, Prancis Tak Wajibkan Masker di dalam Ruangan

Sosok Le Pen yang kontroversial karena mengagumi Presiden Rusia Vladimir Putin itu dinilai akan memiliki implikasi besar bagi stabilitas Uni Eropa jika terpilih sebagai Presiden Prancis. Sehingga, kemenangan Macron ini menjadi kabar menggembirakan bagi para pemimpin Eropa.(*)

Sumber: AFP,reuters,ist | Editor:widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini