Studi Banding ke SMAN Bali Mandara, Mas Dhito Ingin Bangun Boarding School di Kabupaten Kediri

BALI (Lenteratoday) – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) berkeinginan membuat boarding school bagi anak kurang mampu di Kabupaten Kediri. Hal ini disampaikan saat mengunjungi SMPN 8 Singaraja dan SMAN Bali Mandara pada, Kamis (6/4/2023).

Kunjungan tersebut dilakukan Mas dhito dalam rangka melihat langsung bagaimana pengelolaan sekolah tersebut. Utamanya di SMAN Bali Mandara yang merupakan boarding school atau sekolah berasrama.

“Saya harus bisa membuat sekolah, minimal seperti Bali Mandara ini. (Tolong) doakan,” katanya di hadapan ratusan siswa SMAN Bali Mandara.

Mas Dhito tertarik melihat kedisiplinan yang berjalan di sekolah itu. Termasuk para siswa yang sudah mulai belajar untuk berwirausaha. Dia bahkan sempat melihat secara langsung siswa di sekolah yang berada di Kabupaten Buleleng tersebut berjualan kaos. Menurutnya, hal tersebut menarik untuk diterapkan.

“Jadi dalam satu sekolah, yang mana boarding school atau (sekolah) asrama, tapi suatu perputaran sehari-hari itu real sudah tergambarkan di sini,” terang bupati muda berkacamata tersebut.

Baca Juga :  Bawaslu Kota Kediri Kaji Dugaan Pelanggaran Caleg Bagi-bagi Bingkisan

Kunjungan Mas Dhito ke Bali ini merupakan tindak lanjut saat berdiskusi bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF). Dalam pertemuan sebelumnya bersama PSF dibahas bagaimana upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan SDM Guru di Bumi Panjalu.

Kepala SMAN Bali Mandara, Ni Made Sri Narawati, menerangkan sekolah yang diperuntukkan bagi anak kurang mampu tersebut berdiri pada 2011 kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bali dan PSF. Perkembangannya, pada 2022 sekolah ini berganti status menjadi sekolah reguler.

Dalam rekrutmen siswa, sekolah tersebut juga melakukan berbagai serangkaian tes. Salah satunya pihak sekolah juga melakukan home visit terhadap calon siswa. “Kami semua guru dan pegawai terjun ke lapangan untuk meninjau kondisi anak-anak yang akan menjadi calon peserta didik di SMAN Bali Mandara,” terangnya.(pkp/*)

Reporter: Gatot Sunarko | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini