Tahun Politik, Pj Wali Kota Kediri-Forum Kerukunan Umat Beragama Siap Jaga Toleransi

KEDIRI (Lenteratoday)-Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri berkomitmen melanjutkan kolaborasi serta saling menjaga kerukunan di tahun politik saat ini.

Ketua FKUB Kota Kediri Moh. Salim mengatakan FKUB siap mendukung Pj Wali Kota melanjutkan pembangunan di Kota Kediri. Serta menjaga toleransi, dimana Kota Kediri meraih peringkat lima Kota Paling Toleran di Indonesia.

FKUB Kota Kediri juga memiliki agenda rutin pertemuan di Jumat Kliwon yang mempertemukan semua unsur agama, tokoh masyarakat, Forkopimda, dan pemuda. Dalam pertemuan ini membahas tentang menjaga kerukunan di Kota Kediri.

“Mulai Januari 2024 kita akan mulai pertemuan di Jumat Kliwon dengan semua unsur. Ini untuk terus menjaga kesejukan di Kota Kediri. Dimana tahun depan adalah tahun politik yang rawan dengan situasi panas,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (24/11/2023).

Diketahui, FKUB melakukan silaturahin ke rumah dinas Pj Wali Kota pada Kamis (23/11/2023).Moh. Salim menjelaskan hubungan FKUB dan Pemkot Kediri selama ini sangat baik karena Pemkot Kediri selalu memperhatikan dan memberdayakan FKUB. Saat ini FKUB telah memiliki beberapa program untuk menjaga kerukunan di Kota Kediri.

Seperti keberadaan FKUB di tingkat kelurahan dan kecamatan, rumah moderasi, dan juga sekolah multikultural. Dimana sekolah ini membekali para pemuda untuk mencegah masuknya radikalisme.
“Jadi kita ajak para pemuda memerangi radikalisme. Di FKUB ini juga ada FKUB Pemuda yang menjadi regenerasi kita,” jelasnya.

Baca Juga :  KPU Kota Kediri Sukses Laksanakan Tahapan Pemilu Sesuai Jadwal

Pj Wali Kota Kediri Zanariah bersyukur dapat bersilaturahim dengan FKUB Kota Kediri. Zanariah akan melanjutkan kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik antara Pemkot Kediri dan FKUB. Sebagai Pj Wali Kota Kediri Zanariah diberi tugas melakukan penyelenggaraan pemerintah.

“Saya sebagai Pj Wali Kota Kediri mohon dukungan. Kalau ada yang kurang mohon saya diingatkan. Kota Kediri yang dikenal nyaman semoga bisa semakin nyaman,” ujarnya.

Zanariah mendukung agenda FKUB yang dilakukan mulai Januari 2024. Menurutnya, di tahun depan dimana ada penyelenggaraan pesta demokrasi pasti membutuhkan energi dan sumber daya yang banyak. Harapannya perjalanan politik demokrasi di Kota Kediri bisa berjalan lancar.

“Saya sangat mendukung agenda dari FKUB. Memang tahun depan kita butuh banyak energi. Tidak hanya pemerintah saja namun juga masyarakat dan FKUB,” ungkapnya. Tampak turut mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Mandung Sulaksono, serta Kabag Kesra Ahmad Jainudin.

Reporter: Gatot Sunarko,rls|Editor:widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini