Timnas Indonesia U-23 Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024, Jika Timnas Israel U-23 Dicoret FIFA

BANGKOK (Lenteratoday) – Terbuka peluang bagi Timnas Indonesia U-23 masuk Olimpiade Paris 2024, karena termasuk 2 negara yang berpotensi menggantikan Timnas Israel U-23 jika resmi dicoret dari FIFA.

Saat ini Federasi Sepakbola Israel (IFA) sedang harap-harap cemas, setelah Federasi Sepakbola Palestina (PFA) mengajukan protes kepada FIFA dalam kongres tahunan FIFA di Bangkok, Thailand, baru-baru ini.

Dimana PFA mendorong FIFA mencoret keanggotaan Israel dari FIFA, karena aksi keji militer Israel yang telah menewaskan ribuan masyarakat sipil Palestina. Tak hanya menewaskan masyarakat sipil Palestina, Israel juga mengebiri hak-hak para pesepakbola Palestina dan juga menghancurkan sejumlah fasilitas olahraga seperti stadion di Palestina.

Karena itu, FIFA meminta kepada 217 negara anggota mereka untuk menimbang sekiranya hukuman apa yang layak diberikan kepada Israel. FIFA sejauh ini dinilai tebang pilih dalam memberikan hukuman, mengingat mereka menjatuhkan hukuman larangan tampil di seluruh kompetisi internasional kepada Rusia, efek invansi militer Rusia ke Ukraina.

Menurut laporan The Telegraph, FIFA yang dipimpin sang presiden Gianni Infantino langsung menggelar rapat darurat seperti dilansir bola.okezone.com, Sabtu(18/5/2024). Namun, belum ada keputusan yang diambil.

Kabarnya, FIFA akan menggelar kongres darurat sebelum 20 Juli 2024 mendatang. Bukan tak mungkin pada forum tersebut, FIFA mengeluarkan Israel dari keanggotaan mereka. Jika itu terjadi, Timnas Israel U-23 yang sedianya Tampil di Olimpiade Paris 2024 per 24 Juli 2024 berpotensi dicoret. Jika Israel U-23 dicoret, maka ada 2 negara yang berpotensi menggantikannya.

Baca Juga :  Gegara Suporter, 4 Klub Liga 1 Didenda Komdis PSSI Rp 25 Juta

Berikut 2 negara yang berpotensi menggantikan posisi Timnas Israel U-23 di Olimpiade Paris 2024 jika dicoret FIFA:

1. Timnas Indonesias U-23
Skuad garuda Muda bisa ditunjuk, karena sempat memperebutkan satu slot terakhir di Olimpiade Paris 2024 dengan menghadapi Guinea U-23 di babak playoff pada Kamis, 9 Mei 2024 lalu.

2. Georgia U-23
Israel U-23 lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah melaju ke semifinal Piala Eropa U-21 2023. Di babak semifinal, Israel U-23 tumbang 0-3 dari Timnas Inggris U-23 yang kemudian keluar sebagai juara.

Kemudian, wakil Eropa di Olimpiade Paris 2024 adalah Ukraina, Spanyol dan Israel. Namun, Inggris U-23 tidak Tampil di Olimpiade Paris 2024, karena tidak mengirimkan atletnya secara mandiri di event olahraga empat tahunan tersebut.

Inggris tidak tampil, karena para atlet mereka bergabung dengan Skotlandia dan Irlandia utara di bawah payung Britania Raya. Karena itu, jika FIFA memutuskan mengambil pengganti Israel dari UEFA, pilihannya adalah Georgia U-23, tim yang dikalahkan Israel U-23 di perempatfinal Piala Eropa U-21 2023.

Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini