Tingkatkan Cinta Literasi Sejak Dini, TP PKK Kabupaten Sidoarjo Gelar Lomba Bercerita

SIDOARJO (Lenteratoday) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sidoarjo mengadakan lomba bercerita yang menginspirasi, dengan tema “Bercerita Dengan Harapan” di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo pada Selasa (5/9/2023). Lomba ini sebagai upaya menumbuhkan kecintaan anak pada literasi.

Setidaknya ada sebelas peserta yang berebut juara dalam lomba tersebut. Mereka langsung menjadi finalis setelah terpilih oleh dewan juri melalui kanal youtube TP PKK Kabupaten Sidoarjo.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, Sa’adah Ahmad Muhdlor, mengatakan lomba bercerita ini dapat meningkatkan kreatifitas dan menumbuhkan kecintaan anak terhadap literasi sejak dini. Termasuk kecintaannya terhadap buku, sebab anak yang suka bercerita ini berawal dari aktifitas orang tuanya mengenalkan buku dan mengekspor ke dalam dunia cerita.

“Dengan suka membaca buku atau sekedar mendengarkan cerita dari orang tuanya, anak-anak akan tumbuh bakat atau passion dalam bercerita, dan saya akui sebanyak 11 finalis yang hadir di sini adalah anak-anak yang berbakat luar biasa,” ucapnya.

Ning Sasha, sapaan akrab istri Bupati Sidoarjo juga berharap agar dalam bercerita anak-anak harus mengantongi dua hal yaitu memiliki ciri khas yaitu vokal baik, intonasi baik, serta ekspor tempat. Kedua menjadikan kemasan cerita tersebut menarik sehingga pendengar akan terkesan terhadap sebuah cerita.

Baca Juga :  Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo Apresiasi Terobosan Bisnis Umsida

“Dengan bercerita, maka anak mempelajari vokal yang baik, intonasi yang baik, serta belajar berkomunikasi yang baik yang akan di sampaikan oleh pendengar atau komunikan,” jelasnya.

Terakhir, Ning Sasha berpesan agar generasi muda memiliki mimpi yang tinggi yang akan menjadi semangat untuk menjadi pribadi yang baik. “Bermimpilah setinggi-tingginya, bahkan paling tinggi dan jangan pernah orang tua meremehkan apapun mimpi anaknya, dukunglah selagi hal itu positif,” tutupnya.

Sekedar informasi, lomba bercerita ini diikuti oleh sebanyak 38 peserta dari tingkat SD/MI, dan di ambil 11 finalis yang tampil di Pendopo Delta Wibawa untuk meraih juara. Berikut pemenang lomba “Bercerita dengan Harapan” :

  • Juara satu : Adiba althafunisa’ Rizky dari SDN Watutulis 2 Prambon mendapatkan hadiah senilai Rp. 1.500.000 plus goodie bag perlengkapan sekolah.
  • Juara dua : Siena Sekar Kinasih dari SDN Porong mendapatkan hadiah senilai Rp. 750.000 plus goodie bag perlengkapan sekolah.
  • Juara tiga : Kirana Almahyra Kartoni dari SDN Sedati Agung mendapatkan hadiah senilai Rp 500.000 plus goodie bag perlengkapan sekolah
  • Juara favorite : Aisha Hana Ghassani dari MI Darul Hikam mendapatkan hadiah senilai Rp 500.000 plus goodie bag perlengkapan sekolah. (*)

Reporter : Angga Prayoga | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini