TP PKK Kota Kediri Raih Penghargaan Lomba Memasak Menu Pangan Lokal, Pj Wali Kota : Salah Satu Upaya Cegah Stunting

KEDIRI (Lenteratoday) -TP PKK Kota Kediri mendapat penghargaan dalam Lomba Memasak Menu Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras pada Jambore Nasional Kader PKK. Penghargaan diterima Pj Ketua TP PKK Kota Kediri Novita Bagus Alit dalam acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XXI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 52 di Blitar, Selasa (11/6/2024)

Pj Wali Kota Kediri Zanariah memberikan apresiasi kepada TP PKK Kota Kediri. Pada acara ini stan pameran Kota Kediri juga meraih Stan Terbaik. Acara ini dihadiri, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Pj Ketua TP PKK Jatim Isye Adhy Karyono, sejumlah bupati/wali kota di Jatim.

Dalam lomba tersebut, TP PKK Kota Kediri menciptakan menu menggunakan bahan-bahan lokal. Dengan menu Lodhoh Pondoh Ati Ayam Sambel Parijoto. Sumber karbohidrat dalam menu tersebut berasal dari Singkong Liontin, lalu sumber protein berasal dari Lodhoh Pondoh Ati Ayam.

Pondoh sendiri merupakan bagian dari pohon kelapa yang berbentuk seperti jantung berwarna putih kecoklatan. Pondoh memiliki banyak manfaat untuk tulang, antioksidan, antiradang, antibakteri, antidiabetes, dan antivirus. Selanjutnya Parijoto merupakan tanaman yang buahnya memiliki antioksidan dan beta karoten.

Pj Wali Kota Kediri mengatakan TP PKK berhasil mengolah bahan pangan lokal menjadi makanan yang menarik. Tentu juga memiliki kandungan gizi yang penting bagi tubuh. “Selamat atas prestasi yang diraih TP PKK. Semoga terus bisa menciptakan menu-menu dari bahan lokal yang menarik dan mudah dibuat,” ujarnya.

Baca Juga :  Luncurkan Aplikasi Population Clock, Pj Gubernur Jatim Harap Jadi Upaya Penurunan Stunting

Zanariah mengungkapkan cipta menu ini merupakan salah satu upaya pencegahan stunting. Dimana menu-menu yang diciptakan memiliki nilai gizi yang bagus untuk masa pertumbuhan anak-anak. Sehingga bisa terhindar dari stunting.
Menu-menu ini dibuat ini sekaligus dapat mengedukasi masyarakat bahwa sumber pangan sangat beragam. Tidak harus dari beras atau dari tepung terigu. Dari pangan lain seperti ubi, kentang, jagung dan lainnya tetap memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan.

“Ini juga merupakan upaya pencegahan dari stunting. Gizi menu yang dibuat baik untuk anak-anak. Saya harapkan ini bisa ditiru masyarakat agar menyajikan menu untuk anak yang beragam dan bergizi seimbang,” ungkapnya.

Pada acara ini, Pj Wali Kota Kediri mengikuti serangkaian kegiatan. Diawali dengan prosesi ziarah makam presiden pertama Indonesia, Soekarno. Selain itu juga mengunjungi stan pameran Kota Kediri yang . memamerkan berbagai produk unggulan. Seperti; batik, tenun ikat, tahu kuning, gethuk pisang dan kuliner khas Kota Kediri lainnya.

Penataan dekorasi stan pameran, melibatkan Karang Taruna. Dimana Karang Taruna Remaja Jaya dari Kelurahan Ngronggo terpilih untuk terlibat dalam pameran tersebut. (*)

Reporter: Gatot Sunarko | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini