Waduh, Sungai Pucang Sidoarjo Bau Bio Solar

Sidoarjo – Masyarakat yang berada di sepanjang aliran Sungai Pucang Bluru Kidul, Sidoarjo merasa tidak nyaman. Pasalnya, air di sungai itu tiba tiba mengeluarkan bau tak sedap seperti bau bio solar. Hal ini diketahui warga sekitar pukul 09.30 WIB, Senin (3/2/2020) dan mengunggahnya di media sosial hingga ramai menjadi perbinjangan.

Ada dugaan, munculnya bau tidak sedap itu lantara ada oknum yang sengaja membuang bio solar atau sejenisnya ke aliran sungai tersebut. Pasalnya, dari pantauan di lapangan, bau yang keluar dari air itu cukup menyengat.

Penemuan dugaan pencemaran lingkungan ini langsung dilaporkan ke pihak terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo. Mendapatkan laporan tersebut, pihak dinas langsung mengecek ke lokasi dan mengambil sampel air. Kabid Penaatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLHK, Luh Yuni Areni mengatakan setelah mendapat laporan dari jurnalis dan masyarakat terkait sungai Pucang yang bau Bio Solar, pihaknya langsung perintahkan UPT  Laboratorium DLHK untuk mengambil sampelnya.

Baca Juga :  BLK Sidoarjo Bantu Wastafel dan APD Produksi Sendiri

“Kita juga ga tahu ya, siapa yang membuang bio solar tersebut, makanya saya langsung perintahkan bagian Laboratorium untuk memastikan hasilnya,” jelasnya. Pihak UPT Laboratorium tiba di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka langsung mengambil sampel air guna dilakukan pengujian lebih lanjut atas kandungan pada air tersebut sehingga menyebabkan bau tidak sedap seperti bau bio solar.

“Iya kita ambil sampelnya untuk diuji di Laboratorium,” Kata Retno Winahyu, Kepala UPT Laboratorium DLHK Sidoarjo sesaat setelah mengambil sampel air di samping jembatan Pucang Sidoarjo.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, Retno menyampaikan bahwa kadar pH-nya (Kadar keasaman/basa dari air) masih normal.  “Kalau kadar pH-nya Normal,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan untuk dapat memastikan hasil lengkap dari kandungan air sungai yang bau bio solar tersebut, masih akan di uji di laboratorium DLHK. “Hasil labnya nanti setelah 12 hari kerja,”ungkap Retno singkat. (pin)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini