Wakil Walikota Madiun Kampanyekan Anti Sampah Plastik pada Siswa SD

Madiun – Di momen Hari Peduli Sampah Nasional Wakil Walikota Madiun, Inda Raya berkampanye tentang gerakan pengurangan sampah plastik. Kali ini kampanye dilakukan pada murid-murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Kota Madiun, Jumat (21/2/2020).

Dalam kesempatan itu, Inda Raya memberi penjelasan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan. Salah satunya perihal pencemaran sampah plastik di laut yang membuat hewan-hewan seperti paus, kura-kura, dan ikan tersiksa akibat sampah plastik.

“Ini kebetulan pas ultah anak (Raden Alarick Guardiola Adhitama Raya), jadi saya juga membagikan souvenir. Ada makanan kemasannya dari kerdus, sedotannya pakai stanlis, terus tumbler, sendok garpu sumpit. Terus tasnya juga tidak pakai plastik, supaya bisa dipakai ulang,” kata Wakil Walikota Madiun yang lekat disapa Inda ini.

Inda menceritakan jika dalam lingkup keluarganya, dirinya sudah menerapkan kebiasaan mengurangi sampah plastik. Selain itu, di kantor ia juga sudah tidak memakai gelas plastik mineral dan menggantinya dengan kaca.

Baca Juga :  MAKI Desak Wali Kota Madiun Rombak Direksi PDAM Tirta Taman Sari

“Jadi saya sih pengennya menebarkan hal-hal positif yang baik. Syukur kalau diikutin dan dicontoh, tapi kalau tidak ya seenggaknya saya sudah berusaha se-maksimal mungkin untuk memberikan pelajaran atau suatu gerakan untuk menjaga lingkungan,” tuturnya.

Oleh karena itu, di hari peduli sampah nasional ini ia mengajak masyarakat khususnya orang tua, sedikit memikirkan, bukan tentang diri kita sendiri melainkan juga tentang masa depan anak-anak dan cucu-cucu kita.

Karena menurut Inda, perjalanan anak masih panjang. “Ketika sejak awal kita tidak menguranginya serta tidak memeranginya dari sekarang, maka hal itu akan berdampak bagi kehidupan kota ke depan,” katanya.

“ke depan kita juga akan menemukan solusi yang baik untuk menghilangkan sampah-sampah terutamanya (sampah) plastik di dunia ini,” tutup Inda. (Sur)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini