Wow, Ada Durian 7 Kg di Festival Durian Sumberasri 2020

Blitar – Berbagai jenis buah durian lokal terlihat tertata rapi di atas meja belasan stan, untuk mengikuti Festival Durian Sumberasri 2020 di Lapangan Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu (8/2/2020).

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Blitar, Rijanto ini digelar berbagai kegiatan seperti bazar dan kontes durian, kuliner olahan durian dan dimeriahkan berbagai hiburan kesenian tradisional.

Ketua Panitia Festival Durian Sumberasri 2020, Budi Kuwantono menandaskan jika kegiatan ini bertujuan mengangkat potensi durian lokal Desa Sumberasri khususnya, sehingga bisa memunculkan varietas unggulan asli Sumberasri. “Yang bisa disertifikatkan dan dipatenkan, hingga bisa menjadi durian khas Blitar,” tutur Budi.

Adapun peserta festival durian yang digelar ketiga kalinya ini, hanya khusus petani dan kelompok tani durian dari Desa Sumberasri. “Tidak ada petani atau pedagang dari luar, sehingga petani lokal bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan duriannya,” ungkap Budi.

Peserta festival durian sekaligus Ulang Tahun Ke 3 Paguyuban Pemuda Sumberasri Bersatu (PPSB) ini, terdiri dari 17 stan petani dan kelompok tani pedagang durian, serta beberapa pelaku kuliner olahan durian. Beberapa jenis durian unggul yang ikut dalam festival diantaranya montong, bajul dan manggala.

Baca Juga :  KPU Resmikan RPP Nasional "Bung Karno" Blitar

Seperti dibawa petani Dusun Gambar, yang menampilkan durian montong super seberat sekitar 7 kg dengan harga Rp 250.000 – Rp 500.000 per buah.

Ditambahkan Budi jika kegiatan ini sekaligus untuk mempersiapkan rencana membuat Agro Wisata Durian atau Saung Durian, dimana durian Sumberasri tidak perlu dijual keluar tapi justru pembeli yang datang. “Bisa memilih dan memetik sendiri, dinikmati dengan santai bersama keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Blitar, Rijanto menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini, sehingga bisa mendorong perekonomian petani di Sumberasri. “Karena potensi di Sumberasri untuk tanaman buah sangat besar, selain durian seperti nanas, manggis, rambutan dan apukat,” kata Bupati Rijanto.

Pada kesempatan ini Pemkab Blitar melalui Dinas Pertanian Kabupaten Blitar, memberikan bantuan 1.200 bibit pohon durian.

Rijanto menambahkan kedepan, diharapkan durian dari Sumberasri bisa semakin dikenal dan menjadi unggulan Kabupaten Blitar pungkasnya. (ais)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini