Wujudkan Desa Cerdas, Relawan TIK Kabupaten Blitar Gelar Literasi Digital Pedesaan

BLITAR (Lenteratoday) – Dalam rangka mewujudkan Desa Cerdas (Smart Village), Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Blitar melalui Pandu Digital akan menggelar Literasi Digital Sektor Desa, Pertanian, dan IKM/UMKM. Dalam bentuk Sarasehan Nasional dan Workshop untuk meliterasi kelompok masyarakat petani, pelaku IKM/ UMKM desa, kader digital desa, guru dan tenaga pendidik pada 8 Mei 2024 mendatang.

Ketua Umum Relawan TIK Kabupaten Blitar, Hamzah Fathoni menuturkan
guna mencapai masyarakat cerdas (smart people) dipedesaan, aspek paling dasar adalah literasi digital (digital literacy) dan ketersediaan infrastruktur jaringan internet di desa terkait aspek mobilitas cerdas (smart mobility). “Dengan program ini diarahkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) desa,” tutur Fathoni, Kamis(25/4/2024).

Oleh karena itu melalui Pandu Digital, dijelaskan Fathoni RTIK Kabupaten Blitar akan melaksanakan program literasi digital sektor Desa, Pertanian, dan UMKM Desa yang berkolaborasi dengan Kominfo, Pusat Daya Saing (Pusdaing) Kementerian Desa PDTT, Desa Sawentar, serta Pemkab Blitar dan UPN Veteran Jatim akan mengedukasi masyarakat.

Melalui Sarasehan Nasional dan Workshop ini untuk meliterasi kelompok masyarakat petani, pelaku IKM/ UMKM desa, kader digital desa, guru, dan tenaga pendidik, dengan mengusung tema “Literasi Digital Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Transformasi Pemanfaatan Platform Digital ”.

Khususnya masyarakat kelompok tani, pelaku IKM dan UMKM Desa, perwakilan guru-guru SD dan SMP, Kader Digital Desa, Pendamping Desa, serta perangkat desa agar memiliki kecakapan digital.
“Sehingga dapat mengakses, memproses, dan mempelajari berbagai platform digital layanan mandiri, data mikro, teknologi digital pertanian cerdas, dan akses berbagai informasi dalam upaya mendorong pembangunan dan penyelesaian beragam permasalahan di masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan Sarasehan Nasional dan Workshop akan dihadiri oleh Dekan Fasilkom UPN Veteran Jatim Prof. Dr. Ir. Novirina Hendrasarie, MT, Kepala BPI Kementerian Desa PDTT Dr. Ivanovich Agusta, SP. MSi, Direktur PI Kementerian Kominfo Direktur Slamet Santoso dan Bupati Blitar Hj Rini Syarifah.

Sedangkan narasumber sarasehan untuk Konsep Masyarakat cerdas (smart people), Pertanian cerdas (smart farming) dan Lingkungan Cerdas (Smart Environment) adalah Kepala BPI Kementerian Desa PDTT, Dr. Ivanovich Agusta, SP. MSi. Kemudian, Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam membangun ekosistem pertanian cerdas (smart farming) di Desa oleh Ketua Umum RTIK Indonesia Fajar Eri Dianto. Terakhir, Tata kelola techno sociopreneur menuju ekonomi cerdas (smart economy) Berbasis Pemberdayaan IKM / UMKM Desa yaitu Relawan TIK Indonesia Hani Purnawanti.

Selain sarasehan nasional dan workshop yang digelar pada 8 Mei 2024 mulai jam 08.00 – 14.00 Wib, dengan peserta Luring (onsite) 150 orang dan Daring (online) maksimal 1.000 orang di Kantor Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Diungkapkan Fathoni juga akan digelar Pagelaran Wayang Kulit Literasi Digital 2, pada malam harinya jam 19:00 Wib sampai selesai di tempat yang sama. Dilanjutkan besoknya, Implementasi dan Pelatihan Update Data Mikro & SDG’S Desa 3 dan Implementasi Aplikasi Tata Kelola Bank Sampah, Kamis dan Jumat 9-10 Mei 2024 bertempat di Kantor Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.
“Jadi rangkain kegiatannya berlangsung 3 hari, semoga bermanfaat untuk pemangku kepentingan mulai dari masyarakat desa, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan komunitas pegiat literasi digital,” pungkasnya.

Reporter:Arief Sukaputra/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini