Anak Usia 5,5 Tahun Bisa Daftar SD Ini Syaratnya

JAKARTA (Lenteratoday) – Orang tua harus tahu bahwa Mendikbud, Nadiem Makarim telah menetapkan kebijakan usia minimal peserta didik baru jenjang Sekolah Dasar (SD).

Anak berumur 5 tahun 6 bulan atau 5,5 tahun pada 1 Juli tahun berjalan, bisa mengikuti PPDB tapi ada persyaratannya. Kebijakan usia minimal peserta didik baru jenjang SD ini, sudah berlaku mulai tahun ajaran 2024.

Usia minimal peserta didik baru untuk tahun 2024, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Nadiem Makarim bukan 6 atau 7 tahun.

Kebijakan ini dituangkan oleh Nadiem Makarim dalam Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Menurut aturan tersebut, pada Pasal 4 butir (1) tertulis calon peserta didik baru kelas 1 SD harus berusia 7 tahun atau 6 tahun pada 1 Juli tahun berjalan.

Namun dalam butir selanjunya (3) dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5 tahun 6 bulan atau 5,5 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Artinya, untuk usia minimal peserta didik baru kelas 1 SD bukan 6 atau 7 tahun.

Baca Juga :  Menko PMK Usul Bentuk Satgas PPDB, Libatkan Kepolisian dan Kejaksaan

Tapi terdapat persyaratan khusus, bagi calon peserta didik di usia 5,5 tahun jika ingin mengikuti PPDB tingkat SD.

Berikut adalah beberapa syarat jika calon peserta didik baru berumur 5 tahun 6 bulan ingin mengikuti PPDB:
– Mempunyai kecerdasan atau bakat istimewa; atau
– Siap secara psikis.

Kecerdasan, bakat istimewa atau kesiapan psikis calon peserta didik baru tersebut wajib dibuktikan. Pembuktiannya harus melalui rekomendasi tertulis dari psikolog profesional atau dewan guru sekolah yang bersangkutan.

Meskipun anak usia 5 tahun 6 bulan pada 1 Juli tahun berjalan yang memiliki kecerdasan atau bakat istimewa boleh ikut PPDB, prioritas utama tetap diberikan kepada calon peserta didik yang sudah berusia 7 tahun.

Reporter:Arief Sukaputra,Rls/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini