TNI Gagalkan Aksi Perompak di Selat Malaka

JAKARTA (Lenteratoday)-Prajurit TNI Angkatan Laut dari Lanal Dumai, Riau, menggagalkan upaya aksi perompak yang hendak mencuri di atas kapal niaga berbendera Bahamas MV African Halcyon di perairan Dumai, Selat Malaka. Saat itu, kapal itu hendak lego jangkar.

Dinas Penerangan TNI AL dalam keterangannya, Sabtu (2/3/2024) mengubgkapkan peristiwa itu terjadi pada Kamis (29/2/2023) lalu. Saat itu kapal MV African Halcyon menyalakan alarm bahaya yang direspons prajurit TNI AL yang sedang berpatroli di lokasi.

Setibanya prajurit TNI AL dengan perahu cepat Sea Rider 85, para perompak itu lalu melarikan diri dengan cara melompat ke laut dan menaiki speedboat.

Dari kesaksian anak buah kapal atau ABK dikutip Antara, melihat ada 4 pelaku yang hendak naik menuju geladak kapal. Empat orang perompak itu pun menceburkan diri ke laut dan melarikan diri saat pasukan TNI AL dari Lanal Dumai tiba di lokasi kejadian.

Baca Juga :  TNI Tarik Personel dari Operasi Covid-19 ?

Dinas Penerangan TNI AL menyebut penyelidikan terhadap insiden itu masih berlangsung. Sejumlah kemungkinan didalami, termasuk kemungkinan adanya keterlibatan orang dalam. Beberapa prajurit saat ini masih bersiaga di sekitar area kapal MV African Halcyon lego jangkar.

Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran antarnegara yang sibuk dan padat, tetapi juga rawan aksi pencurian atau perompakan. Kapal-kapal yang lego jangkar di tengah laut seperti MV African Halcyon kerap menjadi sasaran aksi perompakan mengingat situasi mereka yang rentan dan pengawasan yang lemah.

Reporter: dya,rls/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini