1.195 Jamaah Haji Kota Malang Diberangkatkan ke Tanah Suci

MALANG (Lenteratoday) – Sebanyak 1.195 orang jamaah haji Kota Malang diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat ke tanah suci dari Lapangan Rampal, Kota Malang, Kamis (16/5/2024) pagi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Achmad Shampton mengatakan jumlah jamaah haji Kota Malang, di tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Menurut Shampton, hal ini seiring dengan adanya tambahan kuota 20 ribu jamaah, secara keseluruhan untuk Indonesia.

“Tentu di Kota Malang juga ada tambahan, biasanya sekitar 700 an jamaah, tahun ini 800 an jamaah yang murni dari Kota Malang. Kalau ditambah dengan jumlah mutasi yang masuk totalnya 1.195 jamaah,” ungkap Shampton usai pelepasan jamaah.

Shampton juga menjelaskan di tahun ini, untuk pertama kalinya Jawa Timur menerapkan sistem fast track. Dimana pemeriksaan kesehatan dari imigrasi Saudi Arabia, dipindahkan ke asrama Haji Sukolilo. Sehingga jamaah tidak perlu melalui pemeriksaan lagi setibanya di Saudi, dan dapat langsung menuju hotel.

“Tahun ini jamaah termuda 18 tahun, karena regulasi sejak tahun lalu minimal daftar itu harus 12 tahun dan baru boleh berangkat minimal berusia 18 tahun. Yang tertua usia 91 tahun, Bu Ninten Lamsidin asal Muharto,” paparnya.

Baca Juga :  Kendalikan Inflasi, Pemkot Malang Bagikan 4.820 Bibit Cabai ke Masyarakat

Sementara itu, suasana haru dan kebahagiaan menyelimuti pemberangkatan ribuan jamaah haji di Lapangan Rampal, Kota Malang. Rasa syukur dan harapan nampak terpancar, dari wajah para jamaah serta keluarga yang mengantarkannya.

Salah satu keluarga jamaah haji asal Kota Malang, Alfiana Nikmah Fadhilah (21) mengaku terharu saat mengantar kedua orangtuanya berangkat haji. Ia menuturkan kedua orangtuanya telah menunggu belasan tahun, untuk dapat menjalankan ibadah rukun Islam ke 5 ini dan telah mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental.

“Orangtua saya sangat menunggu-nunggu keberangkatan ini, karena awalnya dijadwalkan berangkat di 2021. Tapi karena pandemi Covid-19, jadi ditunda. Ini anugerah dan nikmat dari Allah, karena Alhamdulillah diberika umur panjang pada orangtua saya sehingga masih bisa berangkat sekarang,” tutur Alfiana.

Pemberangkatan jamaah haji kali ini resmi dilepas langsung oleh Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat. Pemberangkatan dijadwalkan dalam dua shift, dengan shift pertama diberangkatkan pukul 06.00 WIB, kemudian shift kedua dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.

Reporter:Santi Wahyu/Editor:Ais

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini