Dari 19 Gunung Aktif di Jawa, 14 Ada di Jatim

Surabaya- Gunung Slamet di Jawa Tengah (Jateng) dan Gunung Tangkuban Parahu yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat (Jabar) meningkat aktivitasnya pada Jumat (26/7). Saat Gunung Slamet meningkat statusnya menjadi Waspada, Tangkuban Perahu mengalami erupsi yang menimbulkan abu vulkanis mencapai 200 meter di atas puncak kawah.

Gunung Tangkuban Parahu yang diketahui sebagai salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Menurut Pakar Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Wahyu Wilopo setidaknya ada 19 gunung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa. Dari daftar tersebut, 14 diantaranya berada di Jawa Timur (Jatim).

“Masih ada sekitar 127 gunung aktif di Indonesia mengacu data dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi). Kalau di (Pulau) Jawa ada sekitar 19 gunung,” ujarnya.

Berikut 19 gunung aktif yang berada di pulau Jawa.

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Merapi berada di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Gunung Tangkupan Parahu

Gunung Tangkupan Perahu memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang baru saja mengalami erupsi berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Subang, Jawa Barat.

3. Gunung Slamet

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Slamet berada di Jawa Tengah yang terapit lima kabupaten yakni Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang.

4. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Ciremai blterletak di wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat.

5. Gunung Lamongan

Gunung Lamongan memiliki ketinggian 1.651 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jangan salah, meskipun bernama Lamongan, Gunung ini berada di wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Probolinggo, Jawa Timur.

6. Gunung Lurus

Gunung Lurus berada gunung di pantai utara Provinsi Jawa Timur dengan ketinggian 539 meter di atas permukaan laut (mdpl).Gunung ini merupakan bagian dari jajaran Pegunungan Iyang.

7. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Arjuno secara berada di wilayah di perbatasan Kabupaten Malang dan Pasuruan, Jawa Timur.

8. Gunung Welirang

Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Welirang berada di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, Jawa Timur.

9. Gunung Baluran

Gunung Baluran memiliki ketinggian 1.247 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Baluran berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

10. Gunung Raung

Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Raung berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember, Jawa Timur.

11. Gunung Kawi

Gunung Kawi memiliki ketinghian 2.551 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Kawi berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

12. Gunung Butak

Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Butak berada di wilayah perbatasan antara kabupaten Malang dan Blitar, Jawa Timur.

13. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Argopuro berada di wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

14. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan memiliki ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Penanggungan berada di wilayah perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, Jawa Timur.

15. Gunung Ijen

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.779 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Ijen berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur.

16. Gunung Kelud

Gunung Kelud memiliki ketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Kelud berada di wilayah Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang, Jawa Timur.

17. Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru berada di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

18. Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Bromo berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang, Jawa Timur.

19. Gunung Anak Krakatau

Ketinggian Gunung Anak Krakatau (AGK) bertambah 47 meter menjadi 157 meter dari permukaan laut (mdpl) sejak terpangkas dari 338 mdpl menjadi 110 mpdl. AGK terletak di Provinsi Lampung dan berada wiliayah Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatra.(*)





Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini