Aminah Cendrakasih “Mak Nyak” Berpulang

SURABAYA (Lenteratoday) – Dunia hiburan dan perfilman Indonesia berduka. Aktris legendaris, Aminah Cendrakasih atau dikenal sebagai Mak Nyak akibat perannya dalam serial “Si Doel Anak Sekolahan” tutup usia pada Rabu (21/12/2022) sekitar pukul 20.00 WIB.

Aminah “Mak Nyak” meninggal di usia 84 tahun dan diketahui mendertia sakit Glaukoma lebih dari lima tahun yang membuatnya tidak bisa melihat dan terbaring di atas kasur.

Sejumlah warganet termasuk selebritas seperti Marsha Timothy, David Nurbianto, hingga Rano Karno pemeran Si Doel mengungkapkan belasungkawa melalui laman media sosial mereka. Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) juga ikut mengucapkan belasungkawa

“Kami dari Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia mengucapkan duka cita yang amat dalam atas berpulangnya senior kita di perfilman Indonesia yaitu Ibu Aminah Cendrakasih,” kata Ketua Humas PARFI, Evry Joe melalui pesan elektroniknya dilansir dari antara, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga :  Menang Lawan Amber Heard, Johnny Depp: Kehidupan Saya Kembali

Evry mengatakan sejumlah film telah Aminah mainkan sejak tahun 1970-an hingga tahun 2020. Dia berdoa agar karya-karya Aminah dapat menjadi ladang amal untuknya.

“Semoga karya-karya beliau menjadi ladang amal untuk beliau di dunia maupun akhirat dan sebagai contoh untuk pemain-pemain muda yang konsisten dengan profesinya sampai ke akhir hayat,” tutur dia.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Namanya mulai dikenal di dunia hiburan Tanah Air setelah dia membintangi film “Serampang 12” pada 1956.

Sepanjang karirnya, dia telah mendapatkan sejumlah penghargaan termasuk Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan berkat perannya di “Si Doel the Movie” pada 2019. (*)

Reporter : Lutfi/antara | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini