Anggota DPRD Ajak Masyarakat Hilangkan Ketergantungan Gawai Dengan Membaca Buku

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, literasi merupakan aspek penting yang harus terus ditingkatkan. Diantaranya untuk mengurangi ketergantungan terhadap gawai atau smartphone.

Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Mukarammah yang mengatakan ditengah zaman yang serba instan ini, pengetahuan umum dari buku juga menjadi hal penting untuk dipelajari. Selain itu buku bisa bermanfaat untuk mengurangi ketergantungan terhadap gawai.

“Dengan membaca langsung dari buku, dapat menjadi salah satu sarana sosialisi, seperti mengadakan bedah buku maupun kegiatan lainnya,” papar Mukarramah, Rabu(1/5/2024).

Ia melanjutkan tidak bisa dipungkiri jika teknologi semakin maju, hal ini berdampak pada banyaknya kemudahan dalam mengakses informasi yang bisa dilakukan melalui smartphone yang kita miliki.

Harapannya kemajuan teknologi diimbangi dengan literasi, yaitu membaca buku fisik. Kebiasaan ini hendaknya tidak tergerus, oleh perkembangan zaman dan kemajuan teknologinya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Palangka Raya Minta Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Disertai Pengawasan

“Selain menambah ilmu dan wawasan, membaca buku juga bisa mengurangi kecanduan terhadap gawai atau smartphone,” ungkapnya.

Mukarramah menggarisbawahi penggunaan gawai secara berlebihan, akan mengakibatkan kecanduan. Selain itu membuat penggunanya menjadi malas, untuk menggunakan media literasi konvensional seperti buku fisik.

Tidak hanya itu, ia menambahkan kecanduan gawai akan menyebabkan kemalasan untuk melakukan aktifitas fisik. Sehingga badan kurang bergerak dan kurang sehat, karena hanya menikmati berbagai macam hiburan atau tontonan melalui gawai.

“Mari kita jadikan literasi membaca buku sebagai suatu kebiasaan, selain menambah ilmu dan wawasan bonusnya adalah mental dan tubuh juga lebih sehat,” pungkasnya.

Reporter:Novita/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini