Artcation, Pameran Seni Rupa dengan Semangat Liburan

SURABAYA (Lenteratoday) – Komunitas Garis Gathuk bersama dengan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menggelar pameran lukisan bertajuk “Artcation”.

Berlangung pada 1 – 16 Juli 2023 di Basement Balai Pemuda kompleks Alun-alun Surabaya, “Artcation” membawa semangat liburan sekolah. Ini dibuktikan dengan beragam karya seni rupa yang ditampilkan terkait dengan tema liburan. Seperti lukisan pemandangan alam, potret liburan, objek-objek yang menggambarkan aktivitas liburan, dan karya seni yang mengekspresikan kebebasan dan kegembiraan dalam suasana liburan.

Salah satu pengunjung saat melihat lukisan di Pameran ARTCATION Selasa, (04/07/2023) di Basement Balai Pemuda Komplek Alun-Alun Surabaya. (Jannatul Firdaus/Lenteratoday)

Pameran ini diisi oleh 63 pelukis asal Surabaya, Lamongan, Malang, Gresik, Sidoarjo, dan Madiun, dengan total 77 lukisan. Tujuan pameran ini adalah menggabungkan seni rupa dengan konsep liburan, menciptakan atmosfer yang segar dan menyenangkan bagi pengunjung. Kemudian, menyediakan wadah bagi seniman untuk memamerkan karya-karyanya yang terinspirasi oleh tema liburan, serta mendorong dialog dan apresiasi terhadap seni rupa, serta kegiatan seni yang dapat dijalankan selama masa liburan.

“Jadi memang kita untuk mengisi masa liburan ini dengan pameran seni rupa. Di setiap lukisan ini ada cerita, ada tempat, ada kisah dari para pelukisnya masing-masing. Kita berharap bisa membawa pengunjung ini ke dunianya para pelukisnya. Jadi liburan versi ke pelukisnya masing-masing,” jelas Budi Bi, Ketua Komunitas Garis Gathuk, saat ditemui di Basement Alun-Alun Surabaya, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga :  Mau Jalan -Jalan ke Alun – Alun Surabaya? Ini Aturan Barunya

Budi menjelaskan, teknik lukisan yang dipamerkan dalam “Artcation” ini beragam. Mulai dari teknik realis, abstrak, surealis, fantasi, dan lainnya. Usia pelukis pun beragam. Mulai dari pelajar SMP hingga tertua usia 70 tahun. “Kita mengajak anak muda itu biar mereka tahu, kalau berpameran itu begini sistemnya. Biar sekalian ada edukasinya,” jelasnya.

Tidak hanya pameran lukisan, Budi menambahkan, minggu depan akan ada beberapa workshop seni untuk umum. Di antaranya adalah workshop yang melibatkan teknik-teknik lukisan, batik lukis, kerajinan tangan, dan seni rupa lainnya yang terkait dengan tema liburan. Selain itu, setiap Sabtu dan Minggu juga ada live musik yang berlangsung di atas jam 4 sore.

Budi Bi, ketua Komunitas Garis Gathuk saat membuat sketsa wajah di Pameran ARTCATION. (Jannatul Firdaus/Lenteratoday)

“Untuk infonya ada di IG nya Garis Gathuk. Biasanya selalu keluar poster,” kata Budi saat ditanya soal jadwal workshop.

Maulida Rahmania dan Galuh Meiruni, dua orang pelajar asal Pasuruan yang berlibur ke Surabaya memberikan testimoni atas Pameran ARTCATION yang dikunjunginya hari ini.

“Bagus, mungkin kekurangannya yang dipamerkan masih kurang banyak, jadi terlalu sedikit. Kalau kelebihannya, tempatnya enak, nyaman, terus dingin. Mungkin ke depannya, seninya lebih banyak lagi, macamnya, jadi nggak lukisan-lukisan aja, gitu,” ungkap Galuh.

“Bisa ditambahin juga sama tari-tarian,” tambah Rahma.

Reporter : Jannatul Firdaus | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini