Catat! Jamaah Gelombang II Diminta Pakai Ihram Sejak Berangkat dari Embarkasi

MADINAH (Lenteratoday) – Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada jamaah calon haji yang berangkat pada gelombang II sudah mengenakan kain ihram sejak dari embarkasi di Tanah Air.

“Jamaah haji gelombang kedua yang akan tiba di Bandara Jeddah, kami imbau agar sudah menggunakan pakaian ihram sejak dari embarkasi,” ujar Kepala Daker Bandara Abdillah di Madinah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024).

Pemberangkatan jamaah calon haji gelombang II akan dimulai pada 24 Mei hingga 10 Juni 2024. Jamaah akan terbang dari embarkasi di Tanah Air dan mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

Berbeda dengan pemberangkatan gelombang pertama, jamaah calon haji berangkat dari embarkasi dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Jadi, sejak di embarkasi jamaah sudah menggunakan kain ihram, sehingga nanti pada saat tiba di Bandara Jeddah tinggal niat umrah saja, langsung diberangkatkan ke Makkah,” katanya. 

Abdillah mengatakan dengan telah mengenakan kain ihram, jamaah tinggal melaksanakan niat, baik ketika masih di pesawat saat berada di Yalamlam ataupun nanti pada saat berada di Bandara Jeddah.

Baca Juga :  Mbah Miskan Jamaah Tertua Berusia 109 Tahun dari Ponorogo: Terketuk Hati saat Umrah, Nekat Daftar Haji di Usia Senja

“Prosedur kedatangan jamaah haji yang sudah ditetapkan Kementerian Haji antara 30 sampai 60 menit untuk keluar dari bandara,” katanya. 

Sebelumnya Kemenag RI melaporkan sebanyak 56.750 jamaah calon haji Indonesia telah berada di Arab Saudi pada hari kesembilan penerbangan jamaah gelombang pertama atau pada Senin ini.

“Berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada Minggu 19 Mei 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi atau Senin 20 Mei 2024 pukul 01.00 WIB, jamaah yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 56.750 orang,” kata Petugas Media Center Haji (MCH) Widi Dwinanda.

Widi menjelaskan seluruh jamaah calon haji yang sudah tiba di Arab Saudi merupakan gabungan dari jamaah yang terbagi ke dalam 144 kelompok terbang (kloter).

Sumber: Antara/Co-Editor: Nei-Dya


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini