Dukung Indonesia Masuki Era Kendaraan Listrik, ITS Luncurkan EVITS

SURABAYA (Lenteratoday) – Saat ini, pemerintah menggalakkan untuk penggunaan kendaraan listrik. Sebab kendaraan listrik dinilai lebih irit dan ramah lingkungan. Guna mendukung program tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan sepeda motor listrik EVITS (Electric Vehicle ITS), Senin (22/1/2024).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengungkapkan EVITS merupakan sepeda motor listrik yang dilengkapi dengan desain ergonomis dan kemampuan akselerasi yang baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. 

Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan hingga 60 kilometer. Bahkan pelanggang juga bisa melakukan custom terhadap sepeda yang mereka pesan.

“Keunggulan lain yaitu dari sisi desain, body-nya sangat menarik, sistem mekaniknya juga dia menggunakan ban yang langsung nempel tidak seperti yang lain,” kata Ashari saat peluncuran EVITS, Senin (22/1/2024).

Ashari menambahkan, peluncuran sepeda motor listrik ini sesuai dengan persiapan Indonesia memasuki era kendaraan listrik. Di samping itu, pihaknya juga melihat jika saat ini banyak negara-negara di luar negeri yang mulai menggunakan kendaraan listrik.

Baca Juga :  DKPP Gerakkan Belasan Kampung Untuk Ketahanan Pangan

“Ke depan pasarnya sangat besar sekali. Karena di luar negeri 98 persen sudah menggunakan kendaraan listrik. Sehingga kita yakin ke depan banyak yang memilih kendaraan listrik,” tambahnya. 

Ashari juga mengungkapkan, ke depan produksi EVITS ditargetkan 1000 kendaraan dalam batch pertama. Sementara untuk harganya ditaksir Rp 29 juta lengkap dengan baterai. 

“Saat ini kita masih fokus di instansi. Target kita untuk tipe ini ada 1000 kendaraan. Kita punya 4 tipe. Semoga inovasi ini bisa berdampak dan diterima masyarakat,” tukasnya.

Diketahui, ITS melalui PT ITS Tekno Sains berkolaborasi dengan PT Panggung Electric Citrabuana untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan ini. (*)

Reporter: Amanah Nur Asiah (mg) | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini