Erupsi Lagi, Semeru Semburkan Kolom Abu Setinggi 1.000 M di Atas Joggring Saloko

LUMAJANG (Lenteratoday)– Gunung Semeru  yang berada di keteinggia 3.676 Mdpl di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali mengalami erupsi, Sabtu (18/11/2023) pafi. Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru Mukdas Sofian, erupsi Gunung Semeru tersebut terjadi pada pukul 06.22 WIB.

“Terjadi erupsi gunung semeru pada hari Sabtu, 18 November 2023, pukul 06:22 wib. Tinggi kolom letusan teramati ± 1000 meter di atas puncak (± 4676 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara, barat daya dan barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 109 detik,” tulis Sofian dalam laporannya, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga :  Waspada! Semeru Erupsi, Semburkan Abu 700 Meter

Sementara itu, erupsi Gunung Semeru yang terjadi pagi ini, juga bisa disaksikan secara jelas oleh warga dari beberapa lokasi, mengingat cuaca di sekitar Gunung Semeru sangat cerah. “Kelihatan jelas dari depan rumah. Ada suara gemuruh juga beberapa detik,” kata Pak Mar, salah satu warga Desa Supit Urang.

Meskipun tidak disertai awan panas guguran ( APG), erupsi Gunung Semeru yang terjadi hari ini nampaknya membawa kekhawatiran tersendiri bagi Marhum dan warga lainya. “Mudah-mudahan tidak terjadi erupsi lagi. Terus terang kami sangat takut, sebab sejak tahun 2020 hingga 2022 yang lalu, erupsi gunung semeru selalu terjadi di akhir tahun. Tapi mudah-mudahan hal itu tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Reporter:dya,ant|Editor:widyawati


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini