Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024, SKK Migas Komitmen Perkuat Pengelolaan Rantai Suplai

JAKARTA (Lenteratoday) – Deputi Dukungan Bisnis Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Rudi Satwiko menekankan pentingnya peran strategis fungsi manajemen rantai pasok (Supply Chain Management/SCM) dalam memperkuat industri hulu migas nasional.

Hal itu sejalan dengan gelaran Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024, acara yang bertujuan membahas solusi, terobosan teknologi, serta strategi efektif dalam mempercepat digitalisasi rantai pasok dan menyelesaikan permasalahan kompleks dalam aktivitas dan operasional hulu migas.

Rudi Satwiko berharap ajang Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024 dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta memberikan nilai tambah bagi industri hulu migas secara keseluruhan.

“Saat ini aktivitas pengeboran dan proyek-proyek strategis hulu migas mengalami peningkatan volume,” ucap Rudi dalam keterangannya, Senin(6/5/2024).

Ia mengungkapkan pengelolaan rantai suplai yang baik adalah salah satu upaya mendukung kegiatan operasional, sehingga aktivitas tersebut dapat berjalan sesuai rencana dengan pencapaian hasil yang ditargetkan.

“Pengelolaan rantai suplai yang tepat, tentu dapat mempercepat peningkatan produksi minyak dan gas bumi serta menekan angka cost recovery,” tuturnya.

Dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa KKKS, lanjut Rudi SKK Migas selalu mendorong keterlibatan yang lebih banyak dari industri dan tenaga kerja dalam negeri untuk menunjang kegiatan operasi hulu migas.

Sebab, selain dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas nasional dalam mendukung ketahanan suplai, keterlibatan industri dan tenaga kerja dalam negeri. Juga akan memberikan efek berganda (muliplier effect), sehingga dapat menumbuhkan perekonomian nasional.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai, Eka Bhayu Setta menambahkan fungsi SCM SKK Migas secara berkesinambungan, melakukan terobosan dan perbaikan tata kelola birokrasi. Yakni dengan melakukan revisi buku kedua tentang kelima Pedoman Tata Kelola.

Baca Juga :  SKK Migas-KKKS Bersama Komisi VII DPR RI Berikan Mobil Siaga Kepada BDH Peduli

Buku ini merupakan pedoman Pengadaan Barang dan Jasa KKKS, untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar terkini dan perubahan ketentuan/peraturan perundangan yang berlaku, serta sebagai penyederhanaan proses pengadaan.

Dia berharap melalui langkah-langkah strategis berbasis lean SCM dan Digitalisasi seperti efisiensi proses tender, peningkatan TKDN, dan digitalisasi e-Commerce dan e-Catalog, fungsi SCM SKK Migas dapat semakin memperkuat pertumbuhan industri hulu migas.

Peran perbankan nasional dalam mendukung proyek-proyek strategis hulu migas ini, kata Eka Bayu diharapkan dapat menjadi angin segar bagi Penyedia Jasa dalam negeri untuk mendapat keutamaan dukungan finansial.

Kewajiban industri hulu migas untuk menggunakan perbankan nasional dalam transaksinya telah diatur jelas dalam PTK 007. Sinergisitas hulu migas dan perbankan nasional berpotensi memberikan manfaat ekonomi yang signifikan terhadap perekonomian nasional.

“Langkah-langkah ini sejalan dengan visi untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan menghadapi tantangan global dalam sektor energi,” ujar Eka Bayu.

Gelaran Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024 sendiri akan mengangkat tema “Menavigasi Rencana Jangka Panjang Melalui Rantai Pasok Terintegrasi & Kolaboratif”.

Rangkaian kegiatan akan dimulai dengan menggelar Pra-kegiatan Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024 di Surabaya pada tanggal 10-11 Juni 2024 dan Batam pada tanggal 3-4 Juli 2024. Acara puncak akan diadakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 14-16 Agustus 2024.

Sebanyak lebih dari 7500 peserta dari berbagai sektor ditargetkan akan menghadiri konferensi ini, termasuk SKK Migas, KKKS, pemerintah, penyedia barang dan jasa, pelajar/mahasiswa, serta profesional SCM lainnya.

Reporter:Sumitro/Editor:Ais


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini