Gelontorkan Rp 1,4 Miliar, Pemkot Batu Target Pembangunan Plengsengan Rampung Pertengahan Desember

BATU (Lenteratoday) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu telah mengalokasikan dana sebesar Rp 1,4 miliar. Dana ini digunakan untuk membangun plengsengan di dua lokasi, yang direncanakan selesai pertengahan Desember 2023 ini.

Dari total anggaran tersebut, Kepala Bidang Bina Marga, Eko Setyawan, menjelaskan, sekitar Rp 840 juta digunakan untuk pembangunan plengsengan di Desa Mojorejo. Sementara plengsengan di jurang Susuh, Desa Giripurno, mendapat alokasi anggaran sekitar Rp 580 juta.

“Jadic dana ini berasal dari APBD 2023 melalui dana Belanja Tidak Terduga (BTT). Mengingat akhir tahun ini dikhawatirkan intensitas hujan tinggi yang bisa berpotensi bencana. Maka, kami menargetkan pembangunan dua plengsengan yang menelan anggaran sekitar Rp 1,4 miliar ditargetkan pertengahan Desember 2023 ini tuntas,” ujar Eko, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (5/12/2023).

Dalam spesifikasi teknisnya, Eko menyebutkan bahwa plengsengan di Desa Mojorejo, memiliki dimensi lebar 20 meter dan tinggi 15 meter. Menurutnya, pemgerjaan plengsengan tersebut juga telah dimulai sejak November 2023. “Nanti juga akan dilanjut dengan pelebaran jalan yang awalnya lebar 4 meter menjadi 8 meter,” sambungnya.

Baca Juga :  Pemkot Batu Ajak Lembaga Pendidikan Berkomitmen dalam Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Lebih lanjut, terkait plengsengan yang berlokasi di jurang Susuh, Desa Giripurno. Eko mengatakan bahwa plengsengan tersebut memiliki ukuran panjang 20 meter dengan tinggi 15 meter, sedangkan total kebutuhan material sekitar 600 kubik. Eko juga menyebut rencana pemasangan guard rail sepanjang 50 meter serta pelebaran jalan menjadi 3 meter dengan panjang 50 meter di plengsengan ini.

“Yang jelas, pembangunan plengsengan ini sangat penting. Mengingat, akhir tahun hingga tahun baru kunjungan di Kota Batu biasanya melonjak,” tegasnya.

Diakhir, Eko berharap bahwa pembangunan plengsengan ini tidak hanya akan meningkatkan keamanan bagi pengguna jalan di Kota Batu. Tetapi juga menjadi langkah preventif menghadapi potensi bencana alam. Serta menunjukkan komitmen DPUPR Kota Batu dalam menjaga infrastrukturnya. (*)

Reporter: Santi Wahyu | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini