Gitar John Lennon Terjual 2,9 Juta Dolar AS, Pecahkan Rekor Lelang The Beatles

NEW YORK (Lenteratoday) – Sebuah gitar yang pernah digunakan oleh John Lennon telah terjual dengan harga 2,9 juta dolar AS (atau sekitar Rp 43 miliar).

menurut penyelenggara lelang, penjualan tersebut mencetak rekor dunia baru untuk gitar dengan penjualan tertinggi dalam sejarah The Beatles.

Gitar akustik Hootenanny dengan 12 senar tersebut, yang digunakan dalam rekaman album dan film “Help!” pada tahun 1965, sudah tidak pernah dilihat atau dimainkan selama lebih dari 50 tahun.

Gitar itu dibuat oleh perusahaan Bavaria, Framus, pada awal tahun 1960-an dan terlihat dalam film “Help!” saat grup ini membawakan lagu “You’ve Got to Hide Your Love Away.”

Gitar tersebut juga digunakan selama sesi rekaman untuk lagu “Help!”, “It’s Only Love”, “I’ve Just Seen a Face”, dan “Girl”, serta pada trek irama untuk lagu “Norwegian Wood” yang dinyanyikan oleh George Harrison.

“Kami sangat senang dan merasa terhormat telah mencetak rekor dunia baru dengan penjualan gitar Hootenanny milik John Lennon yang hilang. Gitar ini bukan hanya bagian dari sejarah musik, namun juga merupakan simbol dari warisan abadi John Lennon. Penjualan yang belum pernah terjadi sebelumnya hari ini merupakan bukti daya tarik abadi dan penghormatan terhadap musik The Beatles dan John Lennon,” kata kepala eksekutif pelelangan, David Goodman, dilansir dari the Guardian Kamis (30/5/2024).

Baca Juga :  Peluru dari Pistol Pembunuh John Lennon Akan Dilelang

Gitar ini dimiliki oleh gitaris asal Skotlandia, Gordon Waller, yang dikenal sebagai salah satu personel duo pop Peter and Gordon. Waller kemudian memberikan gitar tersebut kepada manajer tur bandnya.

Beberapa dekade kemudian, pemilik baru yang tinggal di pedesaan Inggris menemukan kembali gitar tersebut di tengah-tengah kepindahan mereka dan melelangnya dengan perkiraan harga antara 9 miliar hingga 12 miliar rupiah.

Darren Julien, salah satu pendiri dan direktur eksekutif Julien’s Auctions, mengatakan bahwa ia telah melakukan perjalanan ke Inggris untuk memverifikasi gitar tersebut di rumah tempat gitar tersebut disimpan dan menyelamatkan kotak aslinya yang telah dibuang ke tempat sampah.

Julien mengkonfirmasi asal-usul instrumen tersebut melalui sejarawan The Beatles, Andy Babiuk, dan Danny Bennett.

Pada tahun 2015, Julien menjual gitar Lennon lainnya: gitar akustik J-160E Gibson yang dicuri darinya dan tanpa disadari dibeli oleh seorang musisi pada akhir 1960-an, yang laku terjual seharga 2,4 juta dolar AS (Rp 34 miliar).

Perusahaan tersebut juga menjual sebuah drum kit yang digunakan oleh Ringo Starr seharga 2,2 juta dolar AS (Rp 32 miliar), dan salinan White Album yang dimilikinya. (*)

Sumber: The Guardian
Penerjemah: Aria (mk) | Editor : Lutfiyu Handi


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini