Gunung Dukono Erupsi, Lontarkan Abu Hingga Ketinggian 1,2 Km

SURABAYA (Lenteratoday) – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengabarkan Gunung Dukono di utara Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pada Kamis (16/5/2024), pukul 06.34 WIT. Bahkan, ketinggian kolom abu yang diembuskan mencapai 1.200 meter di atas puncak gunung itu.

“Gempa letusan terekam pada seismogram dengan amplitudo 14 milimeter dan lama gempa 70,56 detik,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Saum Amin, dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (16/5/2024), dikutip dari antara.

PVMBG juga mengimbau masyarakat agar tidak beraktivitas, mendaki, atau mendekati Kawah Malupang Warirang Gunung Dukono di dalam radius tiga kilometer. Kemudian, masyarakat juga direkomendasikan untuk selalu menyediakan masker guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik yang mengganggu sistem pernapasan.

Baca Juga :  Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 900 Meter

kolom abu vulkanik yang keluar akibat erupsi berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Untuk diketahui, karakteristik erupsi Gunung Dukono bersifat eksplosif dan efusif yang menghasilkan abu, lontaran batu pijar, aliran piroklastika, dan aliran lava.

Gunung Dukono memiliki ketinggian 1.335 meter di atas permukaan air laut. Pemukiman terdekat berada pada jarak 11 kilometer dari puncak gunung api tersebut. (*)

Sumber : Antara | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini