Hanya 1 Anggota Lama yang Terpilih Komisioner KPU Kabupaten Kediri Periode 2024-2029

KEDIRI (Lenteratodaya) – Hanya 1 orang anggota KPU lama, yang terpilih dan dilantik menjadi komisoner KPU Kabupaten Kediri periode 2024-2029.

Sedangkan Ketua KPU Kabupaten Kediri 2019-2024, Ninik Sunarmi tidak lolos seleksi terakhir, untuk duduk kembali di komisioner KPU periode 2024-2029.

Tiga nama muka lama yang masuk 10 besar seleksi, namun terakhir hanya nama Nanang Qosim yang kembali terpilih menjadi komisioner KPU.

Nanang Qosim terpilih berikut empat komisioner baru KPU Kabupaten Kediri 2024-2029, serta dilantik bersama KPU dari daerah lain di Indonesia oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta pada 12 Juni 2024.

Keempat komisioner baru KPU Kabupaten Kediri 2024-2028 adalah; Eka Septiawan F, Irbabul Lubab, Moh. Dziyaudin, Moh. Isnaini. Pelantikan komisioner KPU periode 2024-2029 sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 708 Tahun 2024.

Turut hadir dalam acara pelantikan Komisioner KPU terpilih, R. Randy Agatha S selaku Sekretaris KPU Kabupaten Kediri.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan tim panitia seleksi, sehingga saya bisa duduk kembali sebagai komisioner KPU Kabupaten Kediri. Saya mengemban amanah ini sebaik-baiknya, dan tidak ingin mengecewakan masyarakat Kabupaten Kediri,” ujar Nanang Qosim saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Baca Juga :  38 Anggota Pramuka Kontingen Kabupaten Kediri Ikuti Raimuna Jatim XIV

Disinggung posisi ketua KPU mengingat satu-satunya komisioner paling senior, Nanang Qosim menyatakan tidak berambisi.

“Nanti terserah mekanisme penentuannya oleh rekan-rekan komisioner yang lain. Bagi saya, ketua atau anggota sama saja, pengabdian kepada bangsa dan negara,” kilahnya.

Sementara itu Hasyim Asy’ari, Ketua KPU RI saat sambutan pelantikan menyampaikan seluruh Anggota KPU yang dilantik harus memastikan diri menjaga Integritas Penyelenggara dalam menjalankan tugas.

“Integritas Penyelenggara adalah kunci utama yang harus dipedomani dan dipegang teguh dan dalam menjalankan tugas,” tutur Hasyim.

Tugas pertama komisioner baru untuk suksesi Pilkada Serentak 2024 sudah menunggu selain memegang teguh Integritas komisioner KPU yang baru dilantik harus menerapkan prinsip imparsialitas dengan menjaga kedekatan yang sama dengan seluruh peserta pemilihan,

”Anggota KPU harus bisa menjaga kedekatan yang sama dengan peserta pemilihan,memberikan informasi dan pelayanan yang berimbang,” harap Hasyim.

Reporter:Gatot Sunarko/Editor:Ais

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini