Hari Anak Nasional 2023 di LPKA, Wali Kota Blitar: ke Depan adalah Masa Depan

BLITAR ( Lenteratoday) – Peringatan Hari Anak Nasional 2023 digelar penuh sukacita di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Blitar. Berbagai pesan khusus diberikan untuk memacu semangat Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH).

“Anda ini (ABH) sebagai generasi penerus bangsa, seperti saya akan pensiun dan menjadi masyarakat biasa dan anda yang akan menggantikan kami memimpin negeri dengan kunci sadar bahwa hal yang kemaren dilakukan adalah kesalahan. Yang lalu biarlah berlalu ke depan adalah masa depan,”ujar Wali Kota Blitar, Santoso, Jumat (21/7/2023).

Santoso juga menyampaikan, Pemerintah Kota Blitar berkomitmen membantu menangani anak-anak di LPKA Kelas I Blitar. “Beberapa bulan yang lalu kita berkolaborasi dengan Kecamatan Sananwetan, Kemenag, Dinas Koperasi, Kodim dan Polres untuk memberikan motivasi untuk anak anak,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diinisiasi oleh Jaringan CSO (Community Social Organization) Peduli Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Sebuah forum yang terbentuk sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas 1 Blitar dalam Program Inklusi Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI).

Melalui PKBI Jatim diadakan rangkaian acara Hari Anak Nasional dengan tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ pada 20-21 Juli 2023 di LPKA Kelas 1 Blitar. Kegiatan berupa perlombaan olahraga meliputi voli, catur, tenis meja, dan kegiatan outbound. Kemudian dilanjutkan Puncak Acara Hari Anak Nasional (HAN) di tanggal 21 Juli 2023.

Baca Juga :  Bayi Perempuan di Blitar Dibuang di Pekarangan, Polisi Lakukan Penyelidikan

Nafila Ikrima, Project Officer Inklusi PKBI Daerah Jawa Timur sekaligus Ketua panitia penyelenggara dari HAN 2023 di LPKA mengungkapkan, “Dengan diselenggarakannya Rangkaian Acara Hari Anak Nasional 2023 diharapkan dapat menjadi kebahagiaan untuk adik-adik binaan di LPKA Kelas 1 Blitar dan menjadi ruang aspirasi untuk mereka.”

Sementara itu, Direktur Eksekutif PKBI Daerah Jawa Timur oleh Zahrotul Ulya, menyampaikan, “ Harapan kami ceremonial ini hanya menjadi simbol, kami berharap aksi kolektif ini tidak hanya berasal dari CSO Peduli ABH untuk kedepannya namun dari semua bapak ibu yang hadir. Semoga anak-anak disini bisa semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan yang dilakukan di LPKA Kelas 1 Blitar.”

Senada, Kepala Kantor Wilayah KEMENKUMHAM Provinsi Jawa Timur, Drs. Imam Jauhari, M.H., menekankan bila anak-anak yang ada di LPKA tidak boleh tertinggal dan harusbterlindungi.

“Selamat hari anak nasional yang diharapkan kita bisa terus berkomitmen untuk memberdayakan dan membimbing anak anak yang berhadapan dengan hukum. Tema HAN 2023 ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ merupakan tema yang tepat karena bahwasanya anak anak disini tidak boleh tertinggal maka harus berkembang. Semoga dengan adanya peringatan hari ini anak-anak bisa memiliki potensi diri agar kelak jika sudah keluar bisa bersaing dengan anak-anak lainnya,” katanya.(*)

Reporter:dya,rls/Editor: widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini