Jember Jadi Kabupaten dengan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik ke-5 di Jatim

JEMBER (Lenteratoday) – Kabupaten Jember menyabet lima penghargaan sekaligus dalam perhelatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KI Award) Jawa Timur 2023 pada Senin (4/12/2023) malam. Salah satunya, soal keterbukaan informasi publik di Kabupaten Jember yang kian baik setiap tahunnya.

Pemerintah Desa Jambe Arum, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, dalam hal ini mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Mulai menduduki peringkat ke-2 dalam kategori pemerintah desa paling informatif, kategori mengumumkan tingkat pemerintah desa, hingga pemdes dengan pelayanan informasi publik terbaik.

Selanjutnya, adalah kategori menuju informatif tingkat pemerintah desa yang disematkan untuk Pemerintah Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan. Resep desa meraih banyak penghargaan lantaran komitmen bupati yang menerbitkan Perbup Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemkab Jember. Isinya, mengamanatkan terkait dengan pelaksanaan keterbukaan informasi publik baik di Pemkab Jember maupun di pemerintah desa.

Sementara itu, dalam kategori informasi kabupaten/kota, Kabupaten Jember kembali naik peringkat. Yakni, menjadi kabupaten dengan keterbukaan informasi publik terbaik ke-5 di Jatim.

Tentu saja, penganugerahan kali ini menambah catatan baik Jember dalam memberikan keterbukaan informasi publik. Seperti kita tahu, Kabupaten Jember hanya mampu menduduki peringkat ke-38 se-Jatim pada 2020. Lalu, hanya naik satu peringkat (ke-37, Red) pada 2021.

Baca Juga :  J-Anjangsana, Cara Bupati Jember Jalin Silaturahmi dan Beri Motivasi Pelayanan Masyarakat

Tren kenaikan secara signifikan terjadi pada 2022. Jember mampu bertengger pada posisi ke-11 di Jatim. Sebagai wujud dari semakin terbukanya informasi publik di Jember, saat ini Jember mampu menjadi kabupaten dengan keterbukaan informasi publik terbaik ke-5 di Jatim.

“Transparansi ini adalah bagian dari keunggulan yang akan kita launchingkan ke depan, tujuannya untuk Jember lebih baik lagi,” ungkap Bupati Jember Hendy Siswanto, dalam sesi wawancara seusai memperoleh penghargaan.

Lebih lanjut, guna mengembangkan PPID Kabupaten Jember dan PPID Desa, Pemkab Jember juga bakal mengadakan kegiatan untuk mengapresiasi dan memotivasi PPID pelaksana OPD, kecamatan, dan kelurahan serta ppid desa, yakni, lomba keterbukaan informasi publik. Hadiahnya, akan diserahkan secara langsung oleh Bupati Jember pada 12 Desember mendatang. (mok*)

Reporter : PJ Moko | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini