Keliling Naik Delman, Cara Unik Sosialisasi Melawan Covid-19

Blitar – Berbagai upaya terus dilakukan jajaran Polres Blitar Kota, untuk melakukan sosialisasi melawan Virus Corona (Covid-19). Langkah tersebut untuk mencegah penyebaran serta memutus mata rantai penularannya di wilayah Kota Blitar. Apalagi, sudah ada 1 warga Kota Blitar, yang teridentifikasi positif Covid-19.

Salah satu cara unik tersebut ditunjukkan personil Babinkamtibmas Bripka Anisa Saraswati dari Polsek Kepanjenkidul, Polres Blitar Kota berkeliling dengan menumpang delman. Cara ini terlihat cukup efektif, karena berhasil menarik perhatian warga.

“Sehingga warga mau mendengarkan apa yang disampaikan, mengenai langkah pencegahaan dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutur Bripka Anisa, Senin(30/3/2020) ketika berhenti di sekitar Alun-alun Kota Blitar.

Dalam bertugas Bripka Anisa tidak sendiri, tapi bersama personel TNI Babinsa dari Koramil Kepanjenkidul. Selain berkeliling di jalan-jalan utama, juga menuju pasar, pertokoan dan perkantoran. “Jadi selain sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat, juga tentang Social Distancing jaga jarak dan memakai masker,” terang ibu dari 2 putra dan 1 putri ini.

Selain berkeliling dengan naik delman, Bripka Anisa juga jalan berkeliling blusukan ke pasar dan perkampungan. Dengan menggunakan pengeras suara, yang dipanggul seperti ransel oleh petugas TNI Babinsa Koramil Kepanjenkidul. “Karena kesadaran masyarakat masih rendah, mengenai bahaya Covid- 19 dan pentingnya menerapkan Social Distancing. Terutama di pasar, warung dan pertokoan,” paparnya.

Baca Juga :  Perketat Kendaraan Masuk Blitar, Temukan Santri Demam dan Rombongan Undangan Pernikahan

Upaya sosialisasi semacam ini akan terus dilakukan Bripka Anisa, bahkan bukan hanya siang hari. Bahkan malam hari pun, juga dilakukan. “Selama saya sehat dan kuat, akan terus sosialisasi demi menyelamatkan masyarakat dari Covid-19. Tentu saya sendiri juga memperhatikan SOP, menggunakan APD dan menjaga stamina,” imbuhnya.

Secara terpisah Kapolsek Kepanjenkidul, Kompol Agus Fauzi mengatakan apa pun akan dilakukan, untuk mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Blitar. “Khususnya Kecamatan Kepanjenkidul karena pusat keramaian seperti pasar, perkantoran, pertokoan, sekolah dan perbankan ada di wilayah ini,” kata Kompol Fauzi.

Jadi pihak Polsek terus berusaha melakukan sosialisasi mengenai Covid-19 ini, termasuk mempertegas penerapan Social Distancing atau menjaga jarak dan tidak keluar rumah jika tidak penting pungkasnya. (ais)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini