Mahasiswi Unej Meninggal Saat Diklat di Lereng Argopuro

JEMBER (Lenteratoday) – Seorang mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Jember (Unej) Nadifa Naya Damayanti (18) meninggal saat mengikuti diklat pecinta alam di lereng Pegunungan Argopuro, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (11/11/2023). Tim Basarnas berhasil mengevakuasi mahasiswi tersebut, Minggu (12/11/2023).

“Awalnya kami menerima permohonan untuk evakuasi terhadap salah seorang mahasiswi yang membutuhkan bantuan medis pada Sabtu (11/11/2023), sehingga kami langsung menyiapkan tim dan sukarelawan untuk menuju ke lokasi,” kata Komandan Tim Evakuasi Basarnas Jember Rudi Prahara dikutip dari antara, Minggu (12/11/2023)

Korban merupakan mahasiswa Fakultas Teknik yang sedang mengikuti pendidikan dasar mahasiswa pecinta alam dan lokasi kegiatan tersebut berada di koordinat 64 A di kawasan hutan milik Perhutani di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

“Lokasi mereka berada di lereng selatan Pegunungan Argopuro dan informasinya lokasi tersebut memang sering digunakan untuk kegiatan diklat mahasiswa,” katanya.

Dia menceritakan bahwa proses evakuasi berlangsung lama karena pihak panitia yang mengadakan diklat pendidikan dasar pecinta alam itu tidak mampu membawa korban ke tempat yang sudah direncanakan untuk bertemu dengan tim Basarnas.

Baca Juga :  Pemkab Jember dan Unej Canangkan Program Satu Desa Satu Dosen

“Ada beberapa anggota Tim SAR gabungan harus naik dengan medan yang terjal untuk menjemput korban dalam kondisi kritis, sehingga dilakukan estafet untuk membawa korban dari lokasi ke titik penjemputan hingga ke RSD dr Soebandi Jember,” tuturnya.

Ia menjelaskan pihak Tim SAR tidak mengetahui yang bersangkutan sakit apa karena pihaknya hanya fokus bagaimana korban bisa segera turun untuk dibawa ke puskesmas terdekat atau rumah sakit.

“Saat korban dipindahkan ke ambulans, saya cek sudah tidak ada denyut nadi dan saat diperiksa oleh dokter di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi dinyatakan korban sudah meninggal dunia,” katanya.

Jenazah korban berada di Instalasi Kamar Mayat RSD dr Soebandi Jember dan menunggu pihak keluarga korban yang berada Balikpapan dan hasil pemeriksaan luar oleh tim medis tidak diketemukan adanya luka pada tubuh korban. (*)

Sumber : Antara | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini