Minum Kopi + Durian Picu Kematian. Mitos atau Fakta?

Ada anggapan yang berkembang di kalangan masyarakat bila setelah menyantap durian lalu menenggak kopi, bisa membikin orang tersebut limbung dan akhirnya pingsan hingga meninggal. Pandangan ini berkembang seiring dengan adanya kasus-kasus kematian yang dikaitkan dengan menyantap durian dan meminum kopi bersamaan yang belum terbukti korelasinya.

Februari lalu misalnya, media ramai memberitakan seorang warga Desa Suluan, Minahasa, Sulawesi Utara, yang meninggal dunia setelah makan durian, minum kopi, dan minum Hemaviton. Sandi (26) sempat kejang-kejang sebelum akhirnya tubuhnya membiru dan tidak lagi bernyawa.

Sebelumnya, pada Januari 2019 ada pula kejadian serupa, sopir angkot bernama Adie (53) di Tangerang ditemukan tewas di dalam mobilnya dengan kondisi terlentang dan darah keluar dari hidung. Menurut pihak kepolisian yang mendapat keterangan dari para saksi, sehari sebelumnya korban diketahui memakan durian dalam jumlah yang banyak yang kemudian diduga memicu darah tinggi.

Melihat beberapa kejadian tersebut, muncul pertanyaan apakah memang benar memakan durian lalu minum kopi atau minum-minuman lainnya bisa berakibat fatal bagi tubuh hingga bisa berujung kematian? Atau yang lebih spesifik, benarkah buah durian punya efek jahat bagi tubuh?

Dikutip dari healthxchange, durian yang dijuluki raja buah dari Asia Tenggara, secara alami kaya akan kalium, serat makanan, zat besi, vitamin C dan vitamin B kompleks. Dengan demikian, buah yang punya nama latin Durio zibethinus ini sebenarnya sangat baik untuk dikonsumsi karena juga dapat meningkatkan kekuatan otot, tekanan darah, buang air besar dan kesehatan kulit. Itu juga termasuk dapat mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Mitos mengonsumi durian lantas meminum kopi dapat menyebabkan kematian memang hanyalah isapan jempol belaka. Pasalnya, selalu ada faktor lain yang mengiringi kematian seseorang tersebut. Durian dan kopi tidak bisa dijadikan tersangka tunggal.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Dian Permatasari, SpGK, menegaskan, durian tidak secara langsung menyebabkan orang meninggal dunia.”Enggak ada sampai meninggal kalau tidak ada penyakit tertentu. Saya rasa dari makanan itu (durian dan kopi) enggak deh. Cuma durian dan kopi enggak bikin meninggal. Pasti ada penyakit yang lain,” ujar Diana.

Menurut Diana, durian justru buah yang bagus karena berserat tinggi dan mengandung vitamin C yang tinggi. Namun, karena durian juga mengandung kalori yang cukup tinggi, yang perlu diwaspadai adalah untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. “Kebutuhan kalori manusia 1500 -1700 kalori per hari. Sedangkan durian per 100gr bisa 300 kalori. Jadi kalo makan durian sampe dua tiga buah penuh, ya akhirnya terlalu banyak (memicu penyakit),” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr Inge Permadhi, M.S., SpGK. Menurut Inge, tidak semua orang yang mengonsumsi durian dan kopi bisa meninggal dunia atau mengalami masalah gangguan kesehatan serius. Namun, peluang terkena masalah kesehatan memang bisa saja terjadi dalam situasi tertentu. Menurut Inge, durian dan kopi hanyalah makanan dan minuman yang normal. Hanya saja, pada durian yang terlalu matang, terkandung alkohol akibat fermentasi yang dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang yang sensitif. ‚ÄúDemikian juga dengan kopi. Pada orang-orang yang sensitif terkadang meningkatkan tensi dan denyut jantung. Jadi, bisa saja (makan durian dan minum kopi berakibat fatal) walau rasanya jarang banget ya,” papar Inge.

Untuk menyebabkan efek fatal sehabis makan durian dan meminum kopi, soda, alkohol atau lainnya, harus ada dasar penyakit lainnya yang diderita seseorang, seperti jantung dan hipertensi, ditambah kondisi badan yang sedang tidak bugar.

Untuk diketahui, makan durian bersamaan dengan menikmati kopi bahkan menjadi sebuah sajian khas di sejumlah tempat. Di Gunungkidul, Jogjakarta misalnya, pada musim durian selain menjajakan dagangannya turut menjual menu kopi durian. Segelas kopi hitam panas dicelupkan sebutir buah durian. Menurut penjualnya, konsumen bakal merasakan “sensasi lain” ketika menyeduh segelas kopi durian. (*)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini