PAN Utus Dua Kader Sebagai Calon Kepala Daerah

Surabaya – Meski Pilkada serentak masih akan dilakukan tahun depan, namun geliatnya sudah mulai nampak. Pencalonan oleh partai sudah mulai muncul, seperti yang dilakukan Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah menetapkan calonnya di dua daerah yaitu Lamongan dan Sumenep.

Sekretaris DPW PAN Jatim Basuki Babussalam mengatakan bahwa PAN sudah mengeluarkan surat tugas untuk kedua daerah tersebut. Untuk Lamongan, lanjut Basuki, PAN telah memberikan kepercayaan pada Khusnul Aqib sebagai calon Wakil Bupati. Dia menandaskan, bidikan sebagai wakil bupati ini cukup relevan melihat posisi PAN yang jelas masih harus berkoalisi dengan partai lain untuk pencalonan pasangan kepala daerah.

Meski demikian, Basuki belum menyebutkan nantinya Aqib akan bergandengan dengan siapa. “Tentu kami akan melihat lebih lanjut terkait dengan koalisi. Sedangkan untuk langkah selanjutnya kami juga memberikan kesempatan pada Pak Aqib untuk mengambil strateginya,” tandasnya saat dihubungi.

Sementara di Pilkada Sumenep, PAN memberikan tugas pada Malik Effendi. PAN merasa Malik yang pernah menempati posisi sebagai wakil rakyat di DPRD Jatim ini akan mampu mengemban amanah sebagai kepala daerah. “Sementara dua itu, untuk yang lainnya masih belum, kami masih melihat daerah daerah lain,” katanya.

Berbeda dengan PAN, PKB terlihat masih melihat peluang pada pilkada serentak kali ini, buktinya sampai saat ini PKB masih belum mengeluarkan rekomendasi resmi pencalonan kepala daerah. Meski di beberapa daerah sudah muncul rumor kuat calon yang bakal diusung PKB, diantaranya di Lamongan. Spanduk dan poster Sholahudin yang dikabarkan bakal diusung oleh PKB pun sudah banyak menyebar di berbagai sudut daerah.

Ditanya soal rekomendasi ini, Sekretaris DPW PKB Jatim Badrut Tamam mengaku masih belum memberikan keputusan atau rekomendasi siapa yang akan dicalonkan sebagai kepala daerah. “Belum,” jawabnya singkat saat ditanya Lenteratoday.

Sementara itu, ada juga beberapa nama yang muncul dan mengambil langkah mencalonkan diri melalui jalur independen, diantaranya adalah Suhandoyo. Melihat jejaknya, Suhandoyo sudah pernah mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah Kabupaten Lamongan yang diusung oleh PDIP. Namun, kali ini, mantan anggota DPRD Jatim ini memilih untuk maju melalui jalur independe. “Betul,” jawab Suhandoyo singkat ketika dikonfirmasi Lenteratoday terkait pencalonannya dijalur independen. (ufi)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini