Perbaikan Jalan di Pasar Gadang Jadi Prioritas Pemkot Malang di 2024

MALANG (Lenteratoday) – Masuk program prioritas, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) akan melaksanakan perbaikan total jalanan di Pasar Gadang pada tahun 2024 nanti.

Kepala Dinas PUPR-PKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto, menjelaskan, untuk sementara ini jalanan yang rusak telah dilakukan penambalan menggunakan aspal pada Sabtu (13/5/2023) lalu, guna memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan.

“Panjangnya kurang lebih itu dari ujung ke ujung ada sekitar 300 meter an. Jadi, untuk sementara biar memberikan kenyamanan kepada pengguna, tidak hanya untuk pedagang pasar, tapi khususnya untuk masyarakat yang melintas. Jadi, untuk sementara ini hanya penambalan saja dan Sabtu kemarin sudah selesai,” ujar Dandung, saat dikonfirmasi awak media, Senin (15/5/2023).

Dandung menambahkan, perbaikan sementara tersebut menurutnya hanya merupakan solusi sementara dan tidak dapat bertahan lama. Oleh karena itu, Pemkot Malang telah menetapkan perbaikan jalan di Pasar Gadang sebagai program prioritas pada tahun depan.

“Kemudian untuk perbaikan lebih lanjut nanti di tahun depan. Menjadi program prioritas dari Pak Wali Kota untuk perbaikan jalan di tahun depan, meskipun beliau akan mengakhiri masa tugasnya di bulan September nanti, tapi tetap hal tersebut menjadi tugas dan prioritasnya,” imbuhnya.

Menurut Dandung, perbaikan total di 2024 nanti akan menggunakan metode perkerasan kaku atau rigid. Dimana metode tersebut dipilih karena dinilai memiliki keunggulan dibandingkan perkerasan lunak menggunakan aspal. Dengan menggunakan perkerasan kaku, seperti cor, sambungnya, jalanan di Pasar Gadang akan lebih tahan lama dan lebih mudah dirawat.

Baca Juga :  9 ASN Perebutkan Posisi Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Ini Kriteria yang Dicari

“Rencananya tidak kami aspal, jadi kami akan menggunakan metode perkerasan kaku, pakai rigid, kita pakai cor. Karena kalau aspal, itu kan perkerasan lunak. Begitu nanti (aspal) kena air pasti akan rusak. Tapi kalau cor kebalikannya. Semakin kena air maka akan semakin kuat, nah itu yang akan kami lakukan di tahun 2024, akan kami lakukan perbaikan total,” jelas Dandung.

Lebih lanjut, Dandung menyampaikan bahwa Pemkot Malang akan memetakan pengerjaan perbaikan total, sebelum menentukan metode apa yang akan digunakan. Sebab selain cor, Dandung juga menyebutkan adanya opsi lain yakni dengan mempertimbangkan penggunaan conblock untuk perbaikan jalan di Pasar Gadang.

“Nanti kami juga masih akan memetakan. Jadi ada 2 metode nanti. Kalau memang cor tidak memungkinkan, kami akan lakukan pakai conblock, namun sebelumnya kami lakukan perkerasan dulu di bawahnya kami berikan lapis pondasi agregat (LPA) baru di atasnya kami pasang conblock,” tukasnya.

Diakhir, ketika disinggung mengenai total anggaran biaya yang akan digelontorkan dalam perbaikan jalan total di Pasar Gadang nantinya, Dandung mengaku masih belum dapat menyebutkan secara pasti. Namun, ia memastikan bahwa anggaran untuk pengecoran jalan akan jauh lebih besar dibanding dengan hanya pengaspalan biasa. (*)

Reporter: Santi Wahyu | Lenteratoday : Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini