Polisi Usut Dugaan Pembuangan Limbah PT Greenfields

Blitar – Pihak Polres Blitar menindaklanjuti informasi mengenai dugaan pencemaran Kali Genjong di Desa Suruh, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, dengan melakukan penyelidikan dugaan pembuangan limbah peternakan yang mencemari lingkungan.

Disampaikan Kasat Reskrim Polres Blitar, AKP Sodik Effendi bahwa pihaknya sudah melakukan penyelidikan, terkait dugaan pembuangan limbah peternakan ke sungai. “Kami melakukan peninjauan ke lokasi sungai yang tercemar, untuk mencari sumber pencemarannya dari mana,” kata AKP Sodik, Jumat (24/1/2020).

AKP Sodik menjelaskan hasil dari pemeriksaan ke lokasi memang ditemukan adanya dugaan pembuangan limbah ke sungai. “Dimana warna air jadi hitam kecoklatan, berbau kotoran ternak, dan berbuih,” jelasnya.

Selain turun ke lokasi, polisi juga meminta keterangan beberapa saksi terkait dengan adanya limbah yang dibuang ke sungai tersebut. “Beberapa orang saksi sudah kita mintai keterangan untuk mencari sumber dari pembuangan limbah tersebut,” papar AKP Sodik.

Disinggung mengenai sumber pembuang limbah, AKP Sodik mengaku belum bisa menyimpulkan dan menyebutkan karena masih diperlukan beberapa upaya pembuktian. “Misal tingkat pencemaran, jenis zat yang mencemari dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ratusan Kades di Blitar Boikot Musrenbang, Surati Mendagri dan Presiden Jokowi

Sebelumnya, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar menyatakan penyebab pencemaran di Kali Genjong Desa Suruh Kecamatan Doko Kabupaten Blitar, akibat kebocoran limbah dari kolam penampungan sementara peternakan milik PT Greenfields. Yaitu perusahaan peternakan sapi perah, sekaligus pengolahan susu yang memiliki ternak mencapai 10.000 ekor sapi perah.

Sedangkan penyebab pencemaran di Kali Genjong, disebabkan limbah cair peternakan yang merembes atau meluber dari kolam penampungan sementara limbah milik PT Greenfields.

Secara terpisah pihak PT Greenfields melalui Humas, Nanang ketika dikonfirmasi mengenai pencemaran si Sungai Genjong, mengatakan sedang berada di DLH Provinsi Jatim. Ketika dimintai tanggapannya hanya menuliskan mohon ke Kepala Dusun Genjong biar lebih pas jawabnya melakui pesan whatsapp.(ais)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini