Posyandu Disabilitas Harus Dapat Dukungan dari Pemerintah

MALANG.KAB, (Lenteratoday) – Tujuannya membantu para penyandang disabilitas agar bisa mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan inklusi. Posyandu disabilitas besutan Lingkar Sosial (Linksos) komunitas advokasi untuk Indonesia Inklusi itu berdiri sejak tahun 2018, layanan kesehatan ini membawa misi mulia.

Berawal dari akses layanan kesehatan yang jarang bisa dinikmati penyandang disabilitas di desa, posyandu disabilitas lahir dengan tujuan mempermudah akses kesehatan itu. “Posyandu disabilitas merupakan inovasi layanan kesehatan khusus disabilitas di tingkat desa pelaksanaannya baru ada di Desa Bedali Kec. Lawang, Kabupaten Malang, jadi masih di satu desa, dan ini bedanya dengan posyandu lain, bahwa posyandu ini memberikan layanan khusus pada difabel khusus berdasarkan kebutuhan ragam disabilitas,” kata Kertaning Tyas, Ketua Pembina Linksos pada Minggu (22/8/2021).

Layanan yang bisa dinikmati dalam posyandu disabilitas antara lain seperti fisioterapi, terapi wicara, konseling, dan lain-lain, yang sebelumnya layanin ini ada di rumah sakit dan berbayar. Sementara itu posyandu ini masih bisa dinikmati di Desa Bedali, Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Per 1 Mei 2024, Pemkab Malang Resmi Aktifkan Kembali BPJS untuk 129.534 Warga Miskin

“Ini sebenarnya salah satu program kami, niatnya memang ingin diperluas, ini yang masih dalam tahap perjuangan, kami berharap posyandu ini bisa jadi salah satu layanan kesehatan yang ada di tiap desa,” sambungnya.

Baru-baru ini, posyandu disabilitas tengah melakukan pendataan warga difabel untuk melaksanakan vaksinasi. Kegiatan ini juga dibarengi dengan penyuluhan tentang vaksinasi dan virus covid19. “Sebenarnya program vaksinasi disabilitas dari pemerintah ini sudah bagus, namun hanya kurang pada sosialisasi saja, karena pendekatan kepada mereka ini juga tidak bisa disamakan,” terang Kertaning Tyas.

“Pemahaman tenaga kesehatan yang bertugas untuk vaksinasi juga masih sangat rendah soal bagaimana mendekati dan berkomunikasi dengan kawan-kawan disabilitas, sebenarnya kita komunitas-komunitas ini siap kok untuk membantu itu, yang kurang kan hanya di sosialisasinya saja,” tutupnya.(ree)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini