Satu RT di Kelurahan Lirboyo Lockdown

KEDIRI (Lenteratoday) – Pemkot Kediri gencar laksanakan 3T (Testing, Tracing dan Treatment), selain tegakkan protokol kesehatan dan vaksinasi. Seperti dilakukan du Kelurahan Lirboyo pasca didapati ada laporan salah satu warganya meninggal dan terkonfirmasi positif. Untuk menghindari penyebaran Covid-19, satu RT di Kelurahan Lirboyo lockdown.

Mendapat informasi tersebut, Nanang Wahyono, Lurah Lirboyo segera melakukan 3T untuk melacak persebaran Covid-19. “Awalnya ada ketua RT yang sakit dan meninggal pada 8 Agustus 2021 lalu, kemudian kami segera melakukan testing kepada semua warga di lingkungan RT 3 RW 8,” ungkapnya, Senin (16/8/2021).

Menurut keterangan Nanang, testing dilakukan pada, Selasa (10/8/2021) kepada warga di lingkungan tersebut. Total ada 64 orang yang dinilai kontak erat dengan almarhum yang diminta melakukan tes swab guna melacak penyebaran virus. “Alhamdulillah, para warga sangat mendukung upaya 3T ini, sehingga proses testing bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Disebutkan Nanang, dari hasil tracing ditemukan 7 dari 64 yang dinilai kontak erat telah terkonfirmasi positif. “Istri, dua anak, adik dan keponakan dari almarhum terkonfirmasi positif ditambah ada dua warga yang juga terkonfirmasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Walikota Abu Bakar Harapkan Orangtua Tidak Ragu Vaksinasikan Anak

“Kebetulan memang rumahnya saling berdekatan sehingga kemungkinan untuk tertular juga besar terlebih juga terlibat kontak erat juga,” imbuhnya. Meski demikian, Nanang memutuskan untuk melakukan karantina wilayah untuk mengantisipasi penyebaran virus semakin meluas.

“Dari kriteria pelaksanaan karantina wilayah sudah memenuhi, sehingga bisa dilakasanakan. Awalnya warga menolak, namun setelah mediasi dengan para tokoh masyarakat, akhirnya mulai,  Minggu, (15/8/2021) posko PPKM mikro kelurahan sudah didirikan di gang V,” terang Nanang.

Sementara itu, saat dikonfirmasi hingga kapan karantina wilayah skala mikro ini dilakukan, Nanang mengungkapkan dilakukan selama 2 minggu sesuai masa isolasi terhitung dari pelaksanaan tes swab. “Kemungkinan sekitar tanggal 25 Agustus 2021,  karantina sudah usai, tergantung kondisi kesehatan dari warga yang menjalani isolasi,” pungkasnya. (gos)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini