Selain Melatih Kerja Otak, Catur Membuat Anak Mampu Membuat Pilihan dan Menghadapi Resiko

SURABAYA (Lenteratoday) – Tidak banyak orang dewasa maupun anak – anak yang tertarik dengan permainan catur. Dibandingkan bersepeda atau bermain sepakbola, permainan catur cenderung kurang asyik. Apalagi, catur bukan jenis olahraga yang “memaksa” tubuh kita untuk aktif bergerak.

Namun jangan salah, catur memberikan kesempatan bagi anak untuk berpikir dan menentukan strategi kemenangan. Saat anak bermain catur, seluruh otot di bagian otak akan bekerja, sehingga olahraga ini bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Catur juga membuat anak tidak terlalu khawatir untuk mengambil risiko, menurut sebuah studi. Karena seperti yang diketahui, mengambil risiko dan belajar menghadapi situasi tertentu dengan aman adalah bagian penting dari perkembangan anak. Dengan demikian, anak dapat belajar dari kesalahan dan menghasilkan keputusan lebih baik. Menurut PHYS dan ZME Science, bermain catur dapat membuat anak lebih percaya diri dalam mengambil risiko.

Studi yang dilakukan di Australia menunjukkan, anak yang diajari bermain catur menunjukkan bahwa ketakutan anak terhadap risiko berkurang satu tahun kemudian.

Di samping itu, anak yang bermain catur menjadi lebih baik dalam menghindari risiko yang kemungkinan besar memberikan hasil negatif. Anak juga akan menghadapi risiko yang cenderung memiliki hasil yang positif.

Setiap pilihan dalam hidup kita memang dipenuhi oleh risiko. Namun, studi mengungkapkan, jika kita bermain catur, kita dapat menimbang risiko yang diperoleh dari pilihan yang kita ambil.

Pada studi tersebut, para peneliti merekrut 400 anak sekolah dari Inggris berusia antara 15-16 tahun. Seluruh anak tidak pernah bermain catur sebelumnya, dan mereka diajarkan untuk bermain catur. Satu tahun sesudahnya, para partisipan dinilai oleh peneliti. Hasilnya, ada beberapa fakta yang menarik, seperti penurunan kekhawatiran saat mengambil risiko dari bermain catur.

Para peneliti juga memerhatikan bahwa anak-anak lebih baik dalam matematika, serta memiliki logika dan keterampilan berpikir secara rasional yang lebih baik. Peneliti menyatakan, aturan dalam permainan catur dapat mengembangkan keterampilan logika dan berpikir secara rasional.

Ketika kita bermain catur, maka kita harus mengambil risiko yang sudah diperhitungkan. Kita juga perlu menilai apa yang terjadi dalam permainan dan memutuskan apakah mengorbankan salah satu bidak merupakan risiko yang menguntungkan atau tidak.

Catur mungkin dianggap sebagai permainan sederhana, namun banyak manfaat yang bisa didapat dari permainan papan tersebut. Permainan catur juga bisa menjadi aktivitas yang baik untuk membangun bonding antara orangtua dan anak.

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini