SMP Al-Hikmah Surabaya Ajak Siswa Mengenal Indonesia Lewat Unjuk Budaya

SURABAYA (Lenteratoday) -Halaman SMP Al-Hikmah Surabaya tak seperti biasanya. Puluhan stand makanan, minuman, hingga hasil penelitian siswa kelas 7 dan 8 nampak berjajar rapi lengkap dengan berbagai pernak-pernik dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, ratusan siswa, guru, hingga wali murid turut hadir meramaikan kegiatan dengan mengenakan pakaian adat. 

PJ Proyek kebhinekaan global SMP Al-Hikmah Surabaya Purnawati, mengatakan, jika para siswa kelas 7 dan 8 ini tengah melakukan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka lewat pagelaran unjuk budaya.

“Ini merupakan kegiatan pamungkas dari proyek P5 kami yang sudah kami gelar selama 1 semester. Jadi anak-anak kelas 7 mereka menampilkan hasil kreasi mereka, sementara untuk anak kelas 8 temanya kebhinekaan global. Jadi ada short movie itu hasil bikinan mereka tentang bagaimana keberagaman budaya di Indonesia, mereka juga membuat miniatur rumah adat, lalu ada tampilan koreo tarian daerah dan lagu daerah,” tuturnya, Jumat (14/6/2024).

Purnawati mengungkapkan, dipilihnya tema kebhinekaan global ini karena pihaknya ingin mengajak siswa untuk mengeksplor budaya yang ada di Indonesia.

“Jadi Indonesia itu kan kaya banget dengan khasanah budaya dan kearifan lokalnya. Jadi ini salah satu bentuk konstektualiasis dari anak-anak dan relevansi dari P5,” ungkapnya. 

Selain itu, dalam kegiatan ini adapula Naharut Quran untuk kelas tahfidz. Di mana, anak-anak yang mengikuti kelas tahfidz dengan menggunakan busana daerah akan menghafal dan menerjemahkan Al-Quran sesuai dengan kemampuan mereka dan disaksikan oleh orang tuanya. 

“Harapan kami anak-anak bisa merasa bangga sebagai generasi muda Indonesia. Lalu mereka juga merasa apa yang mereka pelajari di sekolah ternyata bisa dikontekstualkan dalam kehidupan sehari dan ternyata ada relevansinya dengan budaya ysng ada di sekitar mereka,” tukasnya.

Sementara itu, Suhadi wali murid dari Cinta Regina kelas 7 mengaku sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. 

“Saya rasa programnya sangat bagus sekali untuk memotivasi anak-anak kita menuju ke kehidupan masa depan bagaimana kita hidup. Event seperti ini sangat penting sekali dan perlu dilakukan,” tukasnya.

Reporter: Amanah|Editor: Arifin BH


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini