Soal Potensi Perang Iran-Israel, Kemlu Siapkan Rencana Darurat bagi WNI di Teheran

JAKARTA (Lenteratoday)-Kemlu RI telah menyiapkan rencana darurat bagi WNI di Iran. Pasalnya, kini krisis berujung ancaman serangan antara Israel-Iran semakin meruncing.

Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha, menegaskan situasi di kawasan tempat Israel-Iran berada sudah dipantau pihaknya. Rencana darurat telah pula disusun oleh perwakilan RI di Iran dan Kemlu RI.

“Kemlu bersama KBRI Teheran dan Perwakilan RI di Timur Tengah terus memonitor situasi di kawasan. Sesuai SOP, setiap Perwakilan RI wajib memiliki rencana kontingensi untuk antisipasi situasi kedaruratan bagi pelindungan WNI,” ucap Judha dalam keterangannya pada Sabtu (13/4/2024).

Dia menambahkan, saat ini jumlah WNI di Iran sebanyak 376 orang. Mayoritas adalah pelajar atau mahasiswa bertempat tinggal di kota Qom.

Memanasnya Iran-Israel bermula sejak awal April 2024 ini. Itu disebabkan serangan ke kompleks kedutaan Iran di Damaskus yang menewaskan tujuh orang.

Baca Juga :  Iran Geram, AS Hapus Lafaz Allah di Bendera Iran

Diketahui, Iran yakin Israel sebagai dalang. Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei bahkan berjanji akan menghukum Israel atas tindakannya itu.

Sampai sekarang Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan di Kedutaan Iran di Damaskus.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengakui bahwa Iran akan segera menyerang Israel. Biden bahkan meminta Iran mengurungkan niatnya itu.

Senada dengan Biden, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS mengungkap ancaman serangan Israel ke Iran nyata adanya.

“Kami masih menganggap potensi ancaman oleh Iran itu nyata, dan mungkin terjadi,” ucap Kirby.“Saya hanya mengatakan kami memantau dari sangat dekat,” kata dia.

Reporter:dya,rtr/Editor:widyawati

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini