Tambah Kapasitas Pengusaha Pengolah Perikanan, DKPP Kota Kediri Adakan Workshop

KEDIRI (Lenteratoday) – Menambah wawasan dan keterampilan pelaku usaha pengolah ikan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri menggelar Workshop Teknis Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Pengolah Perikanan, Selasa (16/5/2023). Kegiatan tersebut untuk memberikan nilai tambah dalam mengolah produk berbahan dasar ikan.

Kegiatan tersebut DKPP Kota Kediri menggandeng UPT PTKP3 Probolinggo dan smenghadirkan Chef Farid, pelaku bisnis kuliner asal Lamongan sebagai narasumber. Acara berlangsung di Sekretariat Poklahsar Bankid Sejahtera, Kota Kediri, kegiatan yang diikuti lima belas peserta.

Menurut Moh Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mendukung DKPP Provinsi Jawa Timur dalam mensukseskan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Ditambahkan program tersebut juga bertujuan menekan angka stunting. “Dalam ikan kandungan protein dan omega 3 tinggi sekali yang membuat generasi kita tumbuh baik. Namun pada saat ini anak-anak belum menyukai ikan, oleh karena itu kita mencoba membuat variasi olahan ikan atau diversifikasi agar mereka suka makan ikan,” ujarnya.

Setelah mendapatkan materi tentang Lima Kunci Keamanan Pangan, para peserta dibagi ke dalam tiga kelompok dan akan mendemokan tiga resep yakni: pudding, muruku, dan odeng.

Baca Juga :  DKPP Surabaya Tebar Puluhan Ribu Benih Bandeng di Lahan BTKD Pakal

Melalui program tersebut Ridwan berharap agar materi yang disampaikan bisa terserap dengan baik sehingga dapat membawa manfaat dan daya guna dalam meningkatkan produktivitas hasil pengolahan ikan di Kota Kediri.

“Karena ke depan dengan imbas keberadaan bandara dan jalan tol menjadi peluang untuk mengembangkan usaha,” jelas Ridwan.

Pada kesempatan tersebut, Wuri Herlindawati, peserta pengolah hasil perikanan menuturkan kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.

“Saya senang diadakan kegiatan seperti ini, karena ternyata ada banyak sekali jenis olahan makanan berasal dari ikan, salah satunya muruku makanan dari India yang saya sendiri baru tahu,” kata Wuri.

Adanya pelatihan ini ia diharapkan, masyarakat terutama para pengolah hasil perikanan dapat mengeksplorasi aneka olahan pangan berbahan ikan. Menjadikan semakin banyak masyarakat yang menyukai produk olahan ikan. (*)

Reporter: Gatot Sunarko | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini