Terima Audiensi KPU dan Bawaslu Kota Kediri, Ini Pesan Pj Wali Kota Kediri

KEDIRI (Lenteratoday) – Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri, Zanariah, menerima audiensi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kediri di Balai Kota, Senin (20/11/2023).

Pada kesempatan itu Zanariah mempersilakan jika ada kendala bisa dikomunikasikan dengan pihaknya. Namun, dia menekankan supaya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Kediri supaya netral.

Sementara, KPU dan Bawaslu meminta dukungan dan bersinergi terkait penyelenggaraan Pemilu di Kota Kediri.

“Pemkot siap mendukung penyelenggaraan Pemilu di Kota Kediri. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo harus selalu dilakukan koordinasi. Serta ASN diharuskan untuk netral. Saya berikan dukungan untuk KPU dan Bawaslu. Kalau ada kendala silahkan dikomunikasikan bersama kami. Paling penting kami ASN diminta netral,” ujar Zanariah.

Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi, menjelaskan tahapan Pemilu di Kota Kediri terus berjalan. Rencana KPU akan berkoordinasi dengan pengurus partai politik terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) agar tidak mengganggu keindahan Kota Kediri.

KPU Kota Kediri akan berkoordinasi juga dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Satpol PP, agar pemasangan APK bisa tertib.

Baca Juga :  Selama Ramadan Hingga Jelang Lebaran, Inflasi Kota Kediri Masih Terkendali

“Sehingga nanti pemasangan APK tidak semrawut dan mengganggu estetika Kota Kediri. Sebenarnya tidak ada batasan tapi nanti kalau kami lepas akan mengganggu keindahan. Jadi kami akan koordinasikan ke pengurus partai politik juga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Kediri Fenita Putri menyebutkan Bawaslu sudah mengamankan 100 Alat Peraga Sosialisasi (APS). Dari pelanggaran yang diamankan paling dominan terjadi pelanggaran citra diri. Citra diri adalah nomor urut, gambar mau pun logo. Dalam melakukan pengamanan itu Bawaslu bersinergi dengan Pemkot Kediri dan kepolisian.

“Dalam penertiban kemarin kami dibantu Pemkot dan kepolisian. Kami akan melakukan sosialisasi netralitas ASN juga. Mohon dukungannya dan terima kasih atas sinergi yang terjalin selama ini,” pungkasnya.

Dalam audiensi tersebut turut mendampingi, Kepala Kantor Kesbangpol Bagus Hermawan Apriyanto, jajaran KPU Kota Kediri dan jajaran Bawaslu Kota Kediri. (*)

Reporter: Gatot Sunarko | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini