Ternyata Terminal Intermoda Joyoboyo Canggih dan Lengkap

Surabaya- Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) yang rencananya akan diresmikan akhir Desember 2019 bakal menggunakan system canggih yang menggunakan pembayaran sistem elektronik atau e-payment. Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa memanjakan para pengunjung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya, Irvan Wahyudrajad, menyampaikan tujuan menggunakan pembayaran elektronik ini untuk mempermudah transaksi.  “Jadi tidak perlu diributkan uang palsu dan kembalian saat keluar masuk kendaraaan,” kata Irvan, Selasa (17/12)

Untuk mendukung program pembayaranelektronik, Dishub bekerjasama dengan beberapa bank. Nantinya diharapkan dapat langsung direalisasikan saat pembukaan.  Irvan menjelaskan, TIJ ini juga menyediakan parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat hingga bus pariwisata.  “TIJ akan memudahkan pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS), karena bisa menggunakan fasilitas umum intermoda,” katanya.

Bangunan TIJ Surabaya meliputi lima lantai. Lantai 1 untuk Mobil Penumpang Umum (MPU), Drop off mobil pribadi serta bus pariwisata.  Konsepnya, MPU tidak boleh mencari penumpang terlalu lama dan diharuskan berangkat setelah menurunkan penumpang. “Joyoboyo konsepnya e-payment, jadi langsung berangkat yang diatur time table,” ujarnya

Kemudian, di lantai dua hingga lima diperuntukkan parkir roda dua, sepeda angin maupun roda empat dan bus pariwisata. Jumlah kendaraan yang bisa ditampung sebanyak empat bus kota, delapan bus pariwisata, 69 mikrolet, 363 mobil dan 292 motor dalam satu terminal.

Selain bisa menampung kendaraan, TIJ juga ada fasilitas lainnya yakni taman bermain dengan konsep tata tertib lalu lintas. Tempat itu ada di lantai empat, dan nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengunjung yang membawa anggota keluarganya, melepaskan penat atau kejenuhan. “Akan ada kios yang berjualan makanan maupun souvenir. Termasuk juga ada area makan dengan konsep indoor dan outdoor,” pungkas Irvan yang juga menandaskan bahwa pembangunan sudah hampir rampung, tinggal finishing. (ard)





Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini