Virus Misterius Serang Sapi di Sampang

SAMPANG (Lenteratoday) – Virus misterius yang menyerang hewan ternak membuat peternak sapi di kawasan Kabupaten Sampang. Virus misterius itu mengakibatkan sejumlah sapi ternak mengalami sakit mirip flu pada manusia.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Disperta Sampang, Arif Rahman Hakim, menjelaskan jika gejala yang terjadi pada ternak seperti yang disampaikan warga kemungkinan virus Bovine Ephemeral Rever (BEF) atau demam 3 hari.

“Biasanya BEF atau demam tiga hari ini sering muncul di musim pancaroba seperti sekarang. Cara menangganinya yakni dengan mengkompres serta memberikan jahe,kunyit dicampur gula merah untuk diminumkan kepada hewan ternak,” sambungnya.

Tidak hanya itu, Arif juga mengimbau kepada pemilik ternak untuk menjaga kebersihan kadang dan lingkungan sekitar. “Jika ada hewan ternak yang sakit segera menghubunggi petugas terdekat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Slamet Ariyadi Pimpin DPD PAN Kabupaten Sampang

Sementara, salah satu peternak sapi, Hosni, asal Dusun Durbugan, Desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, mengatakan bahwa hewan ternak miliknya saat ini sedang sakit menyerupai flu.

“Sapi saya mendadak sakit mirip flu manusia, karena bersin-bersin dan deman,” ujarnya, Minggu (25/2/2024).

Dengan kondisi itu, Hosni mengaku hanya mampu memberi obat-obatan seadanya seperti ramuan tradisional. “Hanya saya kasih ramuan-ramuan tradisional untuk menjaga stanima, karena saya khawatir salah jika dibemberi obat pabrik,” katanya. (*)

Sumber: beritajatim | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini