Volkswagen Bakal Luncurkan Mobil Listrik Entry-Level pada 2027

SURABAYA (Lenteratoday) – Pabrikan mobil asal Jerman Volkswagen sedang merancang mobil listrik kelas entry-level terbaru mereka untuk peluncuran tahun 2027 bernama ID 1.

“Nama yang sedang dirancang adalah ID 1 dan kendaraannya direncanakan untuk 2027. Kami sedang merencanakan segalanya. Kami tahu mobil harus terlihat seperti apa,” kata brand chairman Volkswagen Thomas Schäfer, dalam laporan laman Autocar, dilansir dari antara Minggu (17/3/2024).

Volkswagen saat ini sedang dalam tahap final memilih desain mobil listrik ID 1, yang akan menggantikan model e-Up. Dalam beberapa pekan ke depan, Volkswagen akan memutuskan seperti apa rancangan mobil listrik yang ditaksir dijual seharga 17.000 poundsterling (Rp338,6 juta) tersebut.

Bukan hanya soal desain, Volkswagen juga harus mengambil keputusan soal rencana pembuatan untuk ID 1. Jika diproduksi di Eropa, dengan ongkos produksi dan harga baterai yang tinggi maka harga jual Volkswagen ID 1 harus dicapai antara lain dengan produksi besar-besaran.

Baca Juga :  Apple Batalkan Proyek Mobil Listrik

Ketika ditanya apakah ongkos pengembangan dan produksi bisa diamortisasi dengan jenama dalam grup Volkswagen, antara lain Skoda dan Seat/Cupra, Schafer mengatakan mereka akan memutuskan dalam waktu dekat.

Kabar yang berembus sebelumnya menyebutkan Volkswagen bisa saja menggandeng Renault untuk mengembangkan ID 1 dengan Twingo, mobil rancangan Renault. Pada sebuah konferensi pers, CEO Volkswagen Group Oliver Blume, mengenai kabar kolaborasi dengan Renault, mengatakan mereka akan mengambil keputusan soal mobil entry-level pada 2024.

“Kami berupaya mencari solusi dan tidak mengesampingkan soal kemitraan pada bidang ini,” kata Blume.

Volkswagen ID 1 adalah salah satu dari 11 model listrik ID yang dijadwalkan meluncur pada akhir 2027. Mobil itu disebut sebagai “E-Volkswagen entry level” dan diposisikan di bawah ID 2, yang dijadwalkan meluncur di Inggris Raya pada 2026. (*)

Sumber : Antara | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini