Warga Terdampak Pandemi Dilatih Budidaya Ikan

MALANG (Lenteratoday) – Masyarakat terdampak pandemi Covid-19 mendapat pelatihan pengelolahan ternak ikan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang. Selain untuk pemulihan ekonomi, pelatihan itu sekaligus sebagai upaya menjaga ketahanan pangan dan juga dalam rangka program Gemar Makan Ikan (Geraikan).

“Maksud dan tujuan hari ini adalah dalam rangka menanggulangi pandemi, yang kedua adalah menanggulangi stunting dengan cara menggalakkan program Gemarikan,” kata Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Eny Handayani ketika ditemui usai acara di Swalayan Pasar Ikan Jalan Sarangan, Rabu (18/11/20).

Pelatihan ini diikuti 90 peserta dari 5 Kecamatan. Para peserta punya berbagai latar belakang, seperti pekerja non gaji, hingga karyawan di Kota Malang. Dalam agenda tersebut peserta juga langsung diajarkan proses pembudidayaan, pemanenan, hingga pemasaran.

Nantinya, kata Eny, usai pelatihan, para peserta akan mendapat bantuan kolam jaring dilengkapi pompa air, hingga pakan ikannya. “Jadi pesertanya itu ada tukang parkir, bapak-bapak yang usahanya kemarin terdampak pandemi. Yang jelas bukan pegawai-pegawai yang sudah mendapatkan gaji. Seperti guru-guru les itu ada yang mengajukan kami terima,” ujar Eny.

Eny berharap dengan program ini masyarakat dapat turut menjaga apa yang sudah diperbantukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang. “Pemerintah punya program, masyarakat juga harus ikut memiliki program ini. Sehingga tujuan akhirnya adalah tercapainya kesejahteraan masyarakat yang terdampak pandemi. Yang kedua tujuannya adalah masyarakat sudah biasa berusaha secara mandiri, ” tutupnya. (Sur)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini