Waymo Mulai Tawarkan Robotaxi Swakemudi di Los Angeles

LOS ANGELES (Lenteratoday) – Waymo, dikenal juga sebagai Proyek Mobil Swakemudi Google, mengatakan pada hari Rabu (13/3/2024) bahwa mereka akan mulai menawarkan layanan robotaxi tanpa sopir secara cuma-cuma kepada beberapa masyarakat di Los Angeles mulai hari Kamis (14/3/2024).

Perusahaan ini telah menerima persetujuan dari Komisi Utilitas Publik California (CPUC) pada awal bulan ini untuk memulai program ride-hailing, Waymo One, di Los Angeles dan beberapa kota di dekat San Francisco.

Rencana terbaru Waymo ini menjadikannya lebih unggul dari saingannya, Cruise, yang dimiliki oleh General Motors, yang saat ini sedang menghadapi pengawasan setelah sebuah mobil Cruise tanpa pengemudi menyeret pejalan kaki sejauh 20 meter setelah sebuah kecelakaan.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa layanan ini akan tersedia di 63 mil persegi dari Santa Monica ke pusat kota Los Angeles, dan menambahkan bahwa layanan antarnya di tahap awal akan gratis.

“Kami akan secara permanen menyambut pengendara ke dalam layanan kami, secara bertahap menerima lebih dari 50.000 orang dalam daftar tunggu LA dan terus membagikan kode sementara di acara-acara lokal di seluruh kota,” kata Waymo dalam sebuah posting blog.

Perusahaan lebih lanjut menambahkan bahwa mereka akan memperluas operasinya di Los Angeles dari waktu ke waktu dan bertransisi ke layanan berbayar dalam beberapa minggu mendatang.

Waymo memulai layanan swakemudi untuk para karyawannya di Austin, Texas, menjadikannya kota keempat yang memiliki layanan swakemudi setelah San Francisco, Phoenix, dan Los Angeles.

Rencananya, Waymo akan menawarkan Waymo One kepada publik yang lebih luas di Austin pada akhir tahun ini. (*)

Sumber: Channel News Asia
Penerjemah: Lambang (mk) | Editor : Lutfiyu Handi

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini