Wisata Alam Boleh Buka, Gubernur Khofifah Minta Protokol Kesehatan Diperketat

Tulungagung – Seiring dengan ijin yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terhadap pembukaan tempat wisata alam, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tetap meminta para pelaku wisata alam untuk memperketat protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

Dalam kunjungan kerja di Pantai Klatak, Desa Keboireng, Kecematan Besuki, Tulungagung, Minggu (13/9/2020), Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa hari ini tidak bisa menunggu kapan Covid-19 bisa berhenti menyebar, karena seluruh dunia tidak ada yang tahu kapan Covid-19 berhenti menyebar.

“Yang harus kita lakukan adalah melakukan langkah-langkah preventif antara lain ngagem (memakai) masker dengan benar, itu cara untuk prevent. Kemudian bagaimana caranya kita bisa menjaga jarak yang aman, itu juga cara untuk melakukan langkah-langkah prefentif, cuci tangan, saya ini sama Pak Bupati berapa kali itu dikasih handsanitizer, saya nanti di mobil pakai handsanitizer, saya mau turun pakai handsanitizer, memang seperti itu,” kata Khofifah.

Dia juga berpesan pada semua wisatawan di area manapun, mungki mereka menganggap penerapan protokol kesehatan ini sesuatu yang tidak pada biasanya. Wisatawan akan dithermalgun, cuci tangan dan hansdsanitaiser. Untuk itu, Gubernur juga meminta pada para petugas di tempat wisata supaya tidak bosan menjelaskan pada wisatawan dengan sabar.

Sebab, kondisi ini sepetri itu juga terjadi dan dialami di 215. Bahkan dari 215 negara itu sudah banyak yang mengalami resesi ekonomi. Sedangkan di Jatim memang mengalami kontraksi tapi tetap berusaha untuk segera take off kembali.

“Oleh karena itu iringan antara gas dan rem, sekali lagi saya ingin menyampaikan kepada panjenengan semua di level mana pun, apalagi pendamping-pendamping Desa, saya minta tolong para pendamping Desa juga menyampaikan ke desa yang didampingi, bahwa hari ini memang penyebaran Covid-19 ini belum berhenti. Oleh karena itu kewaspadaan kita tetap harus kita jaga bersama,” pesannya.

Baca Juga :  Wujudkan Mudik Lebaran Lancar, Gubernur Jatim Ajak 148.261 Personel Bersinergi

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga meminta supaya tetap menggerakkan ekonomi tapi seiring dengan upaya pengendalian Covid-19, hal ini seperti yang disampaikan Presiden RI. Untuk itu, Khofifah keminta para kades, camat, dan juga bupati yang punya basis sumber income dari wisata alam untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Oleh Kemenparekraf diizinkan untuk dibuka adalah wisata alam, dan panjenengan punya alam yang luar biasa. Senaoso panjenengan kagungan alam yang luar biasa dan oleh Kemenparekraf ini adalah area wisata yang sudah diseyogyakan untuk dibuka, ning nggeh tetepan  ketati kontrol terhadap kesehatan. Oleh karena itu tadi juga ada penyampaian beberapa kits alat-alat yang diharapkan bisa memberikan kewaspadaan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan di area wisatanya masing-masing,” tegasnya.

Kemudian, lanjut Khofifah, di saat pandemic Covid -19, ada pelaku UKM di Tulungagung yang terus melakukan improvement. Diantaranya dengan melakukan standarisasi dari kelembagaan, ada yang iso 9001, ada juga yang mendapatkan standar kehalalan produk. “Artinya Pak Bupati, dalam suasana pandemi covid pelaku UKM di Tulungagung tidak pernah berhenti ikhtiar,” katanya.

Pantai Klatak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Dia juga mengatakan, jika nantinya lot 6 dari Jalur Lintas Selatan (JLS) selesai, maka akan memberikan akses yang lebih mudah ke wisata pantai di kawasan tersebut. Dengan demikian akan memberikan dorongan kemajuan ekonomi yang bisa berdampak multiplayer efeknya banyak sekali.

“Luar biasa Pak, ada semangatnya juga luar biasa, warganya memberikan support luar biasa, kekompakan panjenengan itu yang menjadi kekuatan yang luar biasa menjadikan pantai ini akan mengalami berbagai kemajuan-kemajuan. Apalagi kalau itu (lot 6) selesai, maka akses mereka yang memang akan mencari wisata berbasis pantai secara akan memberikan dorongan kemajuan ekonomi yang bisa berdampak multiplayer efeknya banyak sekali,” tandasnya. (ufi)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini