6 Hadiah untuk Ayah

Rasanya tidak ada yang bisa meragukan kehebatan seorang ibu. Ia yang mengandung, melahirkan, dan merawat anak. Namun, peran ayah ternyata tidak kalah pentingnya dengan ibu, lho. Di balik sikapnya yang penuh wibawa, ayah juga perlu diberikan perhatian yang sama besarnya dengan ibu. Dan, memberikan hadiah untuk ayah bisa menjadi salah satunya!

Hadiah untuk Ayah, Salah Satu Bentuk Apresiasi kepada Dads

Ayah memiliki peran yang esensial dalam kehidupan anak-anaknya, baik anak laki-laki dan perempuan. Ia akan menjadi role model, mengajarkan anak bagaimana bernegosiasi dan menghadapi dunia luar, menanamkan nilai-nilai budi pekerti, menjadi teman bermain dan tertawa, dan mampu mendisiplinkan anak secara efektif.

Bahkan, studi menyebutkan bahwa anak-anak yang memiliki dekat dengan ayahnya berisiko lebih rendah mengalami depresi dan tidak suka berbohong. Mereka yang tinggal dengan ayahnya juga memiliki kesehatan fisik dan emosional yang lebih baik, meraih prestasi yang gemilang di sekolah, serta lebih kecil kemungkinannya terlibat dalam kriminalitas atau penggunaan obat-obatan terlarang.

Ayah lebih banyak menunjukkan perhatiannya lewat tindakan daripada perkataan. Misalnya, tanpa banyak bicara Dads akan membantu memijat pundak dan punggung Mums ketika Mums mengalami morning sickness. Ketika si Kecil sakit, Dads pun siap siaga mengantarkan ke rumah sakit dan begadang untuk mengecek kondisi si Kecil sepanjang malam, meski besok pagi ia harus ke kantor.

Kebanyakan dari mereka memang tidak diberkahi kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan baik dan kurang nyaman untuk mengungkapkan perhatian mereka. Alhasil, hal-hal yang dilakukan Dads demi Mums dan si Kecil kerap luput dari perhatian banyak orang.

Nah, sebagai seorang istri sekaligus ibu yang baik, Mums perlu mengapresiasi segala bentuk cinta Dads dengan cara memberikannya hadiah, ya! Apa saja sih hadiah untuk ayah yang bisa Mums berikan?

1. Pujian dan Pelukan

Memberi tahu seberapa besar apresiasi Mums kepada Dads adalah salah satu hadiah untuk ayah dari anak-anak Mums yang terbaik. Saat sedang berkumpul bersama, berbagi ceritalah bersama si Kecil tentang kehebatan dan cinta ayahnya untuk keluarga.

Misalnya, Mums bisa mengatakan, “Adik tahu enggak, kalau Adik tidur, Papa selalu selimuti Adik dan cium pipi Adik. Papa sayang sekali lho sama Adik dan Mama.” Walaupun bisa jadi Dads akan bersemu malu mendengarnya, si Kecil jadi tahu dan terbiasa mendengar betapa besar arti Mums dan dirinya bagi Dads. Dengan begitu, si Kecil akan mengapresiasi segala perhatian sang Ayah kepadanya sekecil apa pun bentuknya.

Selain itu, jangan malu untuk mengekspresikan rasa sayang Mums kepada Dads. Peluk, cium, dan ucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam hidup Mums dan si Kecil. Ia pasti akan terharu mendengar betapa besar arti dirinya dalam keluarga.

2. Surat

Hadiah untuk ayah berikutnya yang tidak memerlukan biaya tetapi sarat akan makna adalah sebuah surat. Di era sekarang ini, ketika semua orang berkirim pesan melalui chat atau e-mail, aktivitas menulis surat sudah mulai ditinggalkan. Namun, Mums bisa kembali membangun kebiasaan kuno ini! Rasanya malah jadi lebih spesial, bukan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rata-rata pria akan merasa canggung dan tidak tahu harus melakukan apa ketika dihadapkan pada momen yang romantis. Melalui surat, Mums bisa menuliskan segala yang Mums ingin ungkapkan tanpa takut membuat Dads merasa malu.

Di dalam surat, Mums bisa mengutarakan seluruh hal, mulai dari masa-masa indah bersama menjalani rumah tangga dan mengasuh si Kecil, prahara rumah tangga yang berhasil dilalui berdua, apa yang Mums kagumi dari diri Dads, dan nostalgia masa pacaran dulu. Jangan lupa selipkan foto Mums, Dads, dan si Kecil di dalam surat. Dads pasti akan semakin senang menerima suratnya!

3. Nonton Film Kesukaannya

Kapan Mums nonton fim berdua dengan Dads setelah kehadiran si Kecil? Wah, mungkin sudah lama, ya! Pergi berdua untuk nonton film bisa menjadi pilihan hadiah untuk ayah, apalagi jika Mums membebaskannya memilih film yang akan ditonton.

Walau mungkin ia akan memilih film thriller yang penuh dengan adegan baku hantam atau tembak-tembakan, dinikmati saja ya, Mums. Namanya juga untuk menyenangkan hati Dads. Hehehe.

Kalau anak masih terlalu kecil dan tidak bisa dititipkan, ini jangan menyurutkan niat Mums! Tunggu si Kecil terlelap, siapkan pop corn dan soda, matikan lampu ruangan agar terasa seperti sedang di dalam bioskop, putar film, lalu menontonlah di bawah selimut sambil memeluk Dads.

4. Mentraktirnya Makan

Apa makanan favorit Dads? Seafood? Steak? Nah, hadiah untuk ayah berikutnya yang bisa Mums berikan adalah mentraktir Dads makan makanan favoritnya! Cari tahu restoran atau café terbaik di kota domisili Mums yang menyajikan makanan favoritnya.

Beri kejutan dengan datang ke kantornya pada jam makan siang atau sepulang kerja, lalu mengajaknya makan di tempat yang sudah Mums pesan. Sesekali rehat dari rutinitas makan di rumah tidak ada salahnya, kan? Lumayan, Mums tidak perlu repot-repot memasak.

5. Liburan

Meski hadiah untuk ayah yang satu ini butuh usaha yang besar, baik dari segi waktu, tenaga, dan uang tentunya, pengalaman yang didapatkan selama liburan akan selalu diingat dibandingkan dengan hadiah yang mungkin saja hanya dipajang kemudian terlupakan.

Supaya semakin seru, Mum bisa memberikan beberapa pilihan destinasi liburan, lalu memintanya memilih dengan mata tertutup. Ia pasti akan semakin bersemangat dan senang dengan hadiah Mums ini.

Jika tidak memungkinkan berlibur ke tempat yang jauh, jangan berkecil hati! Mums tetap bisa kok mengajak Dads liburan di dalam kota dengan mengunjungi taman hiburan, museum, staycation di hotel, ataupun menonton pertandingan olahraga tim favoritnya.

6. Membiarkannya Berkumpul dengan Teman-temannya

Setelah menjadi orang tua, waktu Mums dan Dads akan lebih banyak dihabiskan bersama si Kecil. Nah, hadiah untuk ayah yang terakhir ini tak lain adalah membiarkan ia berkumpul dengan teman-teman prianya! Studi menunjukkan bahwa pria setidaknya perlu berkumpul dengan 2 teman prianya setiap minggu supaya tetap sehat.

Selain membuatnya lepas untuk sementara waktu dari rutinitas sehari-hari, Dads juga jadi tahu kalau Mums memercayainya. Kepercayaan merupakan faktor penting dalam menjalin hubungan berumah tangga. Dengan begitu, Dads pun jadi semakin menghargai Mum, begitupun teman-temannya. Bonusnya, Mums bisa juga me time bersama teman-teman sementara Dads menjaga si Kecil!

Itulah beberapa hadiah untuk ayah yang bisa Mums berikan kepada Dads. Ingatlah bahwa tugas menjadi seorang ayah sama sulitnya dengan tugas menjadi seorang ibu. Setangguh-tangguhnya mereka, tetap saja meraka butuh untuk “diyakinkan” kalau mereka sangat berarti dalam keluarga, serta dicintai oleh Mums dan si Kecil. Pasti ia akan sangat senang ketika tahu segala hal yang dilakukannya diapresiasi oleh Mums dan sang Buah Hati! (AS)

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini