Blitar Diamuk Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang

Blitar – Wilayah Kota dan Kabupaten Blitar diamuk angin kencang hingga mengakibatkan puluhan pohon tumbang, Jumat(21/2/2020). Selain itu juga mengakibatkan kerusakan beberapa rumah, kendaraan, serta menutup jalan.

Hujan deras disertai angin kencang sekitar jam 14.30 WIB, terjadi hanya sekitar 30 menit. Namun terjangan angin kencang yang bertiup dari selatan, menumbangkan puluhan pohon kecil hingga besar di wilayah Kota dan Kabupaten Blitar.

Dari pantauan di lapangan, hampir di seluruh jalan protokol di Kota Blitar ada pohon tumbang. Seperti di Jl. Mastrip depan kampus Stiken menimpa sebuah mobil sedan, di Jl. Veteran menimpa mobil pick up, di halaman Kantor Walikota Blitar dahan pohon menimpa mobil dinas plat merah dan di sekolah menimpa beberapa motor.

Disampaikan Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela jika sesuai data laporan terakhir sampai jam 16.00 WIB, total ada 17 pohon yang tumbang.

“Mengakibatkan kerusakan teras rumah, jaringan kabel PLN dan menutup akses jalan. Seperti di Jl. Kenari, terpaksa ditutup total, karena pohon tumbang cukup besar dan ada 2 di utara SPBU,” tutur AKBP Leonard di lokasi tumbangnya pohon.

Saat ini, anggota Polres Blitar Kota bersama Kesbangpol PBD dan Sat Pol PP Kota Blitar, serta Kodim 0808 melakukan evakuasi pohon yang tumbang agar tidak mengganggu lalu lintas. “Kita fokus dulu mengevakuasi pohon yang tumbang, serta mengamankan jaringan kabel listrik milik PLN,” jelasnya.

Baca Juga :  Perlintasan Sebidang KA Tanpa Palang Pintu Diibaratkan Jepretan Tikus

Sedikitnya pohon tumbang di 10 ruas jalan protokol yaitu : Jl. Kenari, Jl. Melati, Jl. Bung Hatta, Jl. TGP, Jl. Mastrip, Jl. Anggrek, Jl. A Yani, Jl. Sumatera, Jl. Veteran dan Jl .Bali.

Kepala Kesbangpol PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo yang juga ada di lokasi Jl. Kenari mengaku belum mendapat laporan mengenai kerusakan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. “Belum ada laporan, nanti akan kita lakukan pendataan,” jawabnya singkat.

Sementara di wilayah Kabupaten Blitar, sesuai keterangan Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya pohon tumbang akibat angin kencang, mengenai tiang listrik dan rumah warga. “Pohon tumbang menimpa pagar rumah warga, serta tiang listrik yang menimpa rumah makan dan halaman sekolah TK,” tutur AKBP Ahmad Fanani.

Data kerugian sementara : Rumah Mamat RT1/RW4 Desa Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, pagar tertimpa pohon tumbang kerugian sekitar Rp 20 juta.

Rumah Makan Joglo milik Angga Aditya di Jl. Maluku Desa Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, kerugian berupa tiaang listrik roboh mengenai sebagian halaman taksiran kerugian Rp 10 juta. Serta sekolah TK Aisiyah Desa Kuningan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar, tiang listrik roboh ke halaman depan. (ais)


Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini