DLH Kota Palangka Raya Ajak Masyarakat Ikut Menjaga Kelestarian Lahan Gambut

PALANGKA RAYA (Lenteratoday) – Sekitar 75 persen wilayah Kota Palangka Raya terdiri dari lahan gambut, yang harus dijaga dan tidak bisa diabaikan begitu saja.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini bahwa menjaga ekosistem lahan gambut di Kota Palangka Raya sangat penting, mengingat sebagian besar wilayahnya merupakan lahan gambut. Maka menjaga keseimbangan ekosistem, menjadi kunci keberlangsungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu kami mengajak masyarakat untuk terlibat dan berperan aktif, dalam menjaga ekosistem lahan gambut di Kota Palangka Raya,” papar Zaini, Senin(6/5/2024).

Ia berpendapat keberadaan lahan gambut yang cukup luas tersebut, tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam terjaganya keseimbangan ekosistem dan lingkungan di wilayah setempat.

Lahan gambut merupakan habitat alami dari berbagai jenis flora dan fauna, yang secara alami dapat menyimpan kandungan karbon yang sangat besar. Karena itu sangat penting untuk menjaga ekosistem tersebut.

Baca Juga :  DPRD Dorong Pemkot Palangka Raya Optimalkan Pengembangan Ekonomi Kreatif

Sementara itu, terkait upaya yang akan dilakukan DLH Kota Palangka Raya untuk memperkuat perlindungan ekosistem gambut, yaitu selain peningkatan pengawasan terhadap aktivitas yang bisa merusak ekosistem, seperti penebangan liar dan pembukaan lahan baru dengan cara membakar. DLH juga melibatkan kolaborasi lintas sektor, untuk menghasilkan langkah-langkah konkret dalam menjaga kelestarian lahan gambut.

“Dengan menerapkan langkah- langkah tersebut, diharapkan ekosistem lahan gambut di Kota Palangka Raya dapat terjaga dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dan keberlangsungan lingkungan hidup,” ungkapnya.

Zaini melanjutkan meskipun pemerintah memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem lahan gambut, namun ia menekankan jika tanggung jawab tersebut bukan hanya pada pemerintah saja. Namun masyarakat juga memiliki peran yang sama, dalam menjaga kelestarian lahan gambut.

“Karena itu mari bersama kita jaga dan lestarikan warisan alam yang sangat berharga ini,” pungkasnya.

Reporter:Novita/Editor:Ais

Latest news

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini